4 Hal yang Mengundang Perampok Mobil

by
July 19th, 2012 at 1:43 pm

CiriCara.com - Menjelang bulan puasa, seiring dengan naiknya harga-harga kebutuhan pokok, seringkali naik pula aksi kriminalitas, terutama di kota besar.

Orang-orang yang sering dijadikan target para kriminal biasanya mereka yang berkelebihan dalam hal materi. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa banyak pula kaum papa yang menjadi korban kejahatan.

Kejahatan yang dilakukan amat beragam, dari penjambretan hingga perampokan, dari target berupa rumah hingga kendaraan di jalanan.

Bagi pemilik mobil, kejahatan di jalan raya wajib diwaspadai. Menurut data dari Polda Metro Jaya, telah terjadi 278 pencurian mobil dari Januari hingga April 2012.

Penjahat punya beragam modus untuk mengerjai pemilik mobil. Berikut ini sejumlah hal yang bisa menarik perhatian penjahat yang mengincar mobil:

1. Lokasi parkir

Mobil yang kerap menjadi sasaran empuk adalah mobil yang diparkir di tempat gelap dan jauh dari keramaian. Selain itu, mobil yang lama terparkir di suatu tempat umum juga bisa menjadi sasaran empuk. Orang bisa mengidentifikasi lamanya mobil terparkir dari debu atau jejak kaki yang tertinggal di sekitar pintu mobil.

2. Mobil model terbaru yang populer

Mobil model terbaru biasanya belum sempat dilengkapi dengan peralatan tambahan seperti sistem keamanan oleh pemilik. Mobil-mobil ini kerap menjadi target penjahat.

3. Mobil tak beralarm

Kasus pencurian mobil yang tak memiliki alarm kerap ditemui. Selain itu, pemilik yang lupa mengaktifkan sistem keamanan sebelum meninggalkan mobil juga kerap mengalami kesialan karena mobil telah lenyap sekembalinya ia ke lokasi parkir.

4. Produk elektronik

Produk elektronik yang diekspos secara berlebihan di dalam mobil bisa mengundang penjahat. Produk elektronik yang dimaksud antara lain adalah pengeras suara dan lampu hiasan. Lebih baik gunakan perlengkapan tambahan yang tidak mencolok.

Namun, meski kamu telah mengunci pintu mobil, bukan berarti mobilmu sudah aman dari mata penjahat. Yang paling penting adalah tetap berhati-dati dan berjaga-jaga sepanjang waktu. (hp)

Comment di sini