4 Kode Rahasia yang Tak Pernah Bisa Dipecahkan

by
July 19th, 2012 at 10:18 am

CiriCara.com – Kode rahasia dipergunakan oleh banyak orang guna mengamankan informasi yang tidak boleh diketahui khalayak umum.

Dari pasangan yang tengah menjalin hubungan rahasia hingga anggota intelijen suatu negara yang sedang terlibat perang, kode rahasia menjadi pilihan utama ketika mereka akan menyampaikan suatu hal satu sama lain.

Kode rahasia dibuat serumit mungkin agar orang lain tak bisa mengetahuinya. Namun, tahukah kamu kalau ada kode rahasia yang tak pernah bisa terpecahkan karena terlalu rumit?

Inilah 4 kode rahasia yang tidak berhasil dipecahkan

Kode Pembunuh Zodiak

Kode yang ditinggalkan oleh pembunuh berantai yang meneror San Fransisco Bay Area, Amerika Serikat, kurang lebih 40 tahun lalu ini masih belum terpecahkan seluruhnya hingga sekarang.

Dari 4 surat berisi kode yang dikirim ke media dan kepolisian, hanya 1 yang berhasil dipecahkan. Pada 1969, Donald dan Bettye Harden berhasil memecahkan satu kode. Namun, menurut mereka banyak salah eja dan kekeliruan di kode itu sehingga sulit untuk memecahkan tiga kode lainnya.

Ukiran Shugborough

Huruf O U O S V A V V terukir di antara huruf D dan M pada Monumen Shepherd yang berada di Inggris. Arti huruf pada monumen yang dibangun pada abad ke-18 oleh Thomas and George Anson ini belum bisa terpecahkan.

Menurut kabar, tulisan itu adalah bagian dari surat cinta untuk istri Anson. Namun, kabar lain menyebutkan ukiran tersebut merupakan singkatan frase berbahasa Latin. Bahkan, ada yang berpikir bahwa tulisan itu merupakan petunjuk tentang keberadaan Cawan Suci.

Kryptos

Pada 1990, sebuah  pahatan berisi 4 pesan dibuat untuk dipecahkan pegawai CIA sebagai tantangan. CIA dan NSA mengklaim mereka telah berhasil memecahkan 3 kode, namun kode terakhir belum terpecahkan karena hanya berisi kira-kira 97 atau 98 karakter.

Tantangan Sandi Richard Feynman

Pada 1987, profesor fisika Richard Feynman mendapatkan tiga pesan dari kawannya yang merupakan ilmuwan di Los Alamos, California, AS. Hanya satu pesan yang terpecahkan, tiga lainnya masih menjadi misteri. Pesan itu ternyata kalimat pembuka novel terkenal Canterburry Tales. (hp)

Screen Yahoo

Comment di sini