50% Pegawai Pensiun, PT Dirgantara Akan Buka Lowongan

by
July 19th, 2012 at 12:10 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Setelah 15 tahun tidak melakukan rekrutmen, PT Dirgantara akan membuka lowongan tahun ini. Pasalnya, banyak posisi kosong yang ditinggalkan karena tingginya jumlah pegawai yang akan memasuki masa pensiun. Sedangkan terakhir kali mereka merekrut pegawai baru adalah tahun 1997.

Untuk melakukan revitalisasi dan regenerasi, PT Dirgantara akan segera merekrut pegawai baru dengan tujuan akan ada waktu bagi para pegawainya sebelum  pensiun untuk melakukan transfer dan berbagi ilmu. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka tidak kehilangan kapabilitas. Direktur Umum PT Dirgantara Indonesia Sukatwikanto mengatakan bahwa 50 % pegawai mereka akan pensiun. Karena itu, PT Dirgantara  harus menyiapkan masa transisi.

Sekarang ini PT Dirgantara memiliki 800 insinyur penerbangan di antara 4000 karyawannya. Pada 2020, diperkirakan mereka akan kehilangan separuh karyawannya karena pensiun. Dengan kemungkinan sisa karyawannya hanya 2000, pabrik pesawat terbang tersebut berencana akan menerima 200 hingga 300 pegawai baru setiap tahunnya terhitung mulai tahun ini.

Sukatwikanto menambahkan bahwa tidak akan mudah untuk mencari para pengganti insinyur yang segera pensiun. Karena itu, selain menerima pegawai baru, PT Dirgantara juga akan mengaktifkan kembali program pendidikan dan latihan (diklat). ”… sejak tahun ini diklat akan kami hidupkan lagi,” ujar Sukatwikanto seperti dikutip dari Tempo. Dalam diklat tersebut, setidaknya dibutuhkan waktu lima tahun untuk mendapatkan seorang insinyur dengan kompetensi yang memenuhi persyaratan. Namun, sayang sekali hingga kini belum ada rincian tentang kapan dan bagaimana proses rekrutmen PT Dirgantara akan berlangsung. (dd)

Comment di sini