Awal Ramadhan 1433 H: Pemerintah Gelar Sidang Isbat Sore Ini

by

Jakarta (CiriCara.com) – Pemerintah hingga saat ini belum memberikan pengumuman terkait dengan awal Ramadhan 1433 Hijriyah/2012. Rencananya, pemerintah baru akan menggelar sidang isbat pada Kamis (19/7/2012). Sidang ini untuk menentukan awal puasa 2012.

Sidang isbat tersebut akan melibatkan berbagai organisasi massa Islam di Indonesia, salah satunya adalah Nahdlatul Ulama (NU). Rencananya sidang akan dimulai pada pukul 17.00 WIB di kantor Kementerian Agama, Jakarta.

“Nanti sore sekitar jam lima akan digelar sidang isbat di Kementerian Agama, kami juga diundang,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amidan seperti dikutip dari VIVAnews, Kamis (17/7/2012).

Seperti biasa, pemerintah atau Kementerian Agama akan menentukan awal Ramadhan dengan cara rukyah bil fi’li atau melihat bulan secara langsung. Rukyah akan dilakukan di beberapa titik yang dianggap strategis di wilayah Indonesia. Setelah ada laporan dari petugas rukyah, sidang isbat penentuan awal Ramadhan digelar.

Namun, Amidan mengatakan jika tidak ada laporan terlihatnya hilal (bulan), maka belum bisa diputuskan awal Ramadhan. Rukyah akan kembali dilakukan pada esok hari, sampai hilal itu terlihat atau nampak.

Amidan menjelaskan, jika bulan dilaporkan sudah terlihat, maka akan diputuskan bahwa keesokan harinya sudah memasuki Ramadhan. Ia mengatakan bahwa, pengumuman awal Ramadhan akan langsung disampaikan berdasarkan keputusan Menteri Agama melalui sidang isbat.

Meski pemerintah belum memberikan kepastian mengenai awal Ramadhan 1433 H, beberapa ormas Islam justru sudah menetapkan awal Ramadhan jauh hari sebelumnya. Misalnya saja, Muhammadiyah yang sudah menetapkan Jumat, 20 Juli 2012 besok sebagai awal puasa.

Sementara itu, Jamaah Naqsabandiyah di Padang telah berpuasa Ramadhan sejak kemarin. Ormas Islam ini punya cara tersendiri untuk menentukan awal Ramadhan. Meskipun ada perbedaan, Kementerian Agama berharap agar umat Islam tidak saling menyalahkan mengenai awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti. (YG)


comments powered by Disqus