CiriCara: Cara Mengontrol Sifat Perfeksionis

by
July 19th, 2012 at 5:14 pm

CiriCara.com – Keinginan untuk maju adalah satu hal yang baik tapi bila keinginan itu kemudian menjadi sifat perfeksionis yang berlebihan, hal ini akan menjadi masalah. Terlalu perfeksionis akan membuang tenaga dan menghabiskan banyak waktu.

Agar tidak membuang-buang tenaga, sebaiknya perhatikan cara-cara berikut ini:

1. Memaafkan diri sendiri

Tidak ada seseorang yang sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memang baik memiliki keinginan untuk memperbaiki diri namun ada saat dimana kamu harus puas dengan apa yang kamu miliki dan berusaha berdasarkan kemampuan yang ada.

2. Berfokus

Apakah tujuan kamu melakukan sesuatu? Apakah demi hasil yang maksimal atau untuk menyelesaikan suatu hal tepat waktu? Dengan mencari hal yang penting, kamu bisa mengontrol sifat perfeksionismu.

3. Memiliki tujuan

Tentukan apakah hasil yang ingin kamu raih. Tujuan akan membantumu tetap pada arah yang benar sehingga tujuan kamu pun tercapai dengan mudah.

4. Memisahkan antara hasil dan penilaian

Jangan sampai kamu ketakutan karena penilaian orang lain. Terimalah masukan dari orang lain. Perfeksionis biasanya dipengaruhi oleh bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya.

5. Belajar dari masukan

Belajarlah dari pendapat atau masukan orang yang ahli mengenai apa yang kamu kerjakan. Jangan berharap akan pujian dari orang lain karena hasil kerja kamu. Berharaplah kamu mendapat masukan agar dapat meningkatkan hasil kerjamu.

6. Mulailah sekarang

Jangan menunda-nunda pekerjaan. Terkadang membayangkan mengerjakan sesuatu nampak begitu sulit dan menakutkan namun bila kamu memulainya segera, pekerjaan tersebut ternyata tidak begitu menyulitkan.

7. Pasang deadline

Saat mengerjakan sesuatu kamu harus memasang deadline sehingga mau tidak mau pada waktu tersebut, pekerjaanmu harus beres. Ambil contoh membersihkan rumah, kamu bisa membersihkan rumah dalam waktu singkat tanpa terlalu memperhatikan setiap detilnya.

8. Bergabung dengan komunitas

Bergabunglah dengan komunitas yang melakukan hal positif namun kamu juga bisa melakukan kesalahan tanpa takut kena marah. Kamu bisa belajar menerima kritik dan saling memberi masukan dengan anggota lain.

9. Mencoba hal baru

Metode yang telah terbukti belum tentu menjadi yang paling efektif. Misalnya saat kamu belajar bahasa asing, bisa saja metode yang kamu gunakan salah. Aktivitas tidak biasa yang kamu lakukan akan membantumu belajar melalui kesalahan. Ini adalah cara yang baik untuk mengontrol sifat perfeksionismu.

10. Menjajal kreativitas

Di bidang kreativitas tidak ada aturan baku mengenai salah dan benar. Semuanya memiliki nilai tersendiri. Misalnya saat melihat lukisan, setiap orang pasti memiliki interpretasi sendiri-sendiri.

11. Menyadari keindahan atas ketidaksempurnaan

Kumpulan sesuatu yang tidak sempurna bisa menjadi sesuatu yang indah. Harmonisasi suara yang sumbang ternyata dapat menghasilkan musik yang indah. Dedaunan yang jatuh ke tanah akan berubah menjadi pupuk bagi akar tanaman.

12. Pikirkan kesalahanmu

Kesalahan bukanlabh sebuah kegagalan. Misalnya saat kamu membuat makanan yang terlalu matang tapi teman-teman kamu menyukainya. Siapapun yang menyukai pekerjaanmu biasanya akan berfokus pada hasilnya tanpa peduli pada prosesnya. Selain itu, seseorang tidak akan belajar tanpa membuat kesalahan.

13. Bercermin pada kesuksesan

Pikirkan sesuatu yang telah kamu buat atau lakukan yang mendulang sukses. Pekerjaan itu mungkin tidak sempurna namun berhasil meraih sebuah tujuan. Walaupun pada prosesnya kamu merasa membuat banyak kesalahan namun kamu berhasil menyelesaikan banyak hal tanpa terlalu memperhatikan detail pekerjaan.

Selain cara-cara di atas, ada hal lain yang juga harus diperhatikan oleh pemilik sifat perfeksionis. Orang perfeksionis biasanya memiliki standar yang tidak rasional mengenai kesalahan-kesalahan kecil yang ia lakukan. Apabila kamu dapat melakukan sesuatu yang luar biasa, bantulah orang lain yang ingin seperti kamu. Berusahalah untuk menjadi orang yang sabar dan jangan mengharapkan mereka akan belajar dengan sempurna.

Jadilah orang yang fleksibel atau siap menghadapi kejadian yang tidak terduga dan di luar rencana. Jadwalkan waktu untuk melakukan hal yang ingin kamu lakukan. Larangan bagi orang perfeksionis adalah membandingkan dirinya dengan orang lain. Sadarilah bahwa setiap individu memang diciptakan berbeda. (GT)

Comment di sini