Inilah Jadwal Lengkap Cuti Bersama 2013

by
July 19th, 2012 at 4:16 pm

@ Tsoi Hoi Fung / Getty Image

Jakarta (CiriCara.com) – Sepanjang tahun 2013 mendatang. Warga Indonesia akan mendapat lima hari cuti bersama dan 14 hari libur nasional. Hal tersebut telah diputuskan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri hari ini di Kantor Menko Kesra Jakarta, Kamis 19 Juli 2012.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengungkapkan bahwa cuti bersama tersebut diadakan karena dinilai mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Selain itu, cuti bersama juga mampu meningkatkan perkembangan sektor pariwisata.

“Cuti bersama meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ujar Agung Laksono seperti dikutip dari Kompas.

SKB itu sendiri ditandatangani oleh tiga menteri yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hidayat yang mewakili Menteri Agama.

Penentuan cuti bersama ini juga masih mempertimbangkan kepentingan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di sektor yang tidak bisa libur pada saat cuti bersama seperti perbankan, rumah sakit, atau pelayanan publik, akan dimungkinkan untuk pengaturan cuti bersama. Menurut, Agung Laksono, selama ini 12 hari hak cuti PNS dipotong hampir setengahnya untuk cuti bersama.

Mengenai datangnya bulan Ramadhan 2012, Azwar Abubakar mengatakan bahwa jam kerja mengalami pengurangan satu jam bagi yang tinggal di kota-kota besar. Jika biasanya pulang jam 5 sore, maka selama puasa bisa pulang jam 4 sore. Sedangkan bagi yang tinggal di kota kecil diperlambat jam masuknya menjadi satu jam lebih siang. Jika biasanya masuk jam 7, maka selama Ramadhan 2012 bisa masuk jam 8 pagi. (dd)

Berikut Jadwal Cuti Bersama selama 2013:

 

Comment di sini