Inilah Menu Khas Buka Puasa dari Berbagai Negara

by
July 19th, 2012 at 12:02 pm

CiriCara.com – Kedatangan bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah/2012 tinggal hitungan hari lagi. Saat Ramadhan tiba, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan setelahnya menyantap makanan saat berbuka puasa. Seperti apa makanan buka puasa di negara lainnya?

Selain Indonesia, beberapa negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam juga melaksanakan puasa. Sama seperti di Indonesia, negara seperti Turki juga punya makanan khusus untuk berbuka puasa. Mau tahu?

Berikut makanan khas buka puasa di berbagai negara:

1. Turki

Di Turki, penduduk setempat punya dua makanan khas untuk berbuka puasa. Dua makana tersebut wajib ada di setiap kali waktu buka puasa tiba. Berikut makanan khas buka puasa dari Turki:

- Roti Pide

Ini adalah roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadhan. Roti panggang ini disantap dengan sup iftariye sebagai makanan pembuka di buka puasa.

- Güllaç

Makanan ini disantap setelah hidangan utama atau bisa juga disebut sebagai pencuci mulut. Güllaç terbuat dari air mawar dan disajikan dengan berbagai macam rempah khas Turki.

2. Lebanon

Di Lebanon, banyak sekali makanan yang dijumpai ketika berbuka puasa. Namun, menu khas untuk buka puasa di Lebanon adalah mezza, houmus, dan berbagai macam daging panggang.


Semua menu itu disajikan menjadi satu.

3. Yordania

Pendudukan Yordania biasa berbuka puasa dengan dua menu khas Ramadhan. Dua menu makanan itu adalah:
- Mansaf

Makanan ini adalah hidangan khas Yordania yang berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah.

- Qatayef

Makanan ini adalah hidangan sejenis pancake dengan kayu manis dan diisi dengan kenari dan gula. Biasanya Qatayef disantap sambil ditemani sirup madu.

4. Mesir

Mesir punya makanan khas berbuka puasa bernama Medames dan Molokheya.

Menu-menu tersebut wajib ada di saat Ramadhan tiba. Molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi, disantap sebagai hidangan utama.

5. India

Masyarakat muslim di India punya satu makanan khas untuk berbuka puasa. Makanan khas tersebut adalah Hyderabad Haleem. Nama makanan ini diambil dari nama daerah yang mayoritas adalah umat muslim.

Hyderabad Haleem merupakan makanan yang mirip bubur gandum dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba.

6. Pakistan

Pakistan punya satu menu khas untuk berbuka puasa bernama, Samosa. Saat bulan Ramadhan tiba, banyak sekali warung atau toko yang menjual samosa.

Samosa adalah makanan khas yang lezat dan punya rasa pedas serta berbentuk segitiga. Makanan ini akan disiram saus di atasnya.

7. Bangladesh

Umat muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas untuk berbuka puasa. Namun yang wajib adalah minuman rooh afza. Menu ini disantap sebagai menu pembuka.

Rooh afza adalah minuman yang punya berbagai cita rasa seperti serbet lemon.

8. Malaysia

Umat muslim di Malaysia memiliki kebiasaan yang cukup unik yakni berbuka puasa dengan makanan kering dan kurma segar. Salah satu makanan yang wajib adalah nasi lemak.

Nasi lemak adalah perpaduan dari nasi, telur, ayam, sayur, dan rempah-rempah lainnya.

Itulah menu khas berbuka puasa dari berbagai negara. Kalau di Indonesia kebanyakan orang selalu menyantap hidangan yang manis seperti kolak ataupun manisan lainnya.

Apa menu khas buka puasa ala keluarga kamu? (YG)

Comment di sini