Piala Dunia U-17 2017, Harapan Baru Sepak Bola Indonesia

by
July 19th, 2012 at 2:32 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Setelah beberapa tahun sepakbola Indonesia terpecah oleh dualisme liga dan perubahan kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), ada angin segar yang mungkin bisa mengembalikan persepakbolaan Indonesia menuju satu tujuan yang sama: Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 2017.

Indonesia kini tengah melakukan proses penawaran (bidding) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 setelah sebelumnya mendapat tawaran dari FIFA. Koordinator Timnas Bob Hippy telah menemui Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Mallarangeng dan mendapatkan lampu hijau untuk mengikuti proses bidding tersebut.

“Langkah kami disambut positif oleh Menpora. Kami sudah siapkan apa yang dibutuhkan untuk ikut bidding,” ujar Bob seperti dikutip dari Sumut Pos.

Untuk itu, Indonesia telah menyiapkan tiga kota– seperti yang disyaratkan FIFA– untuk dijadikan tuan rumah yaitu Jakarta, Bandung, dan Pekanbaru. Bob menilai bahwa ketiga kota tersebut telah memiliki fasilitas dan akomodasi memadai serta jumlah stadion yang cukup untuk digunakan sebagai tempat bertanding dan berlatih.

Namun, jalan menuju Piala Dunia 2017 tidaklah mudah karena Indonesia bukan satu-satunya negara yang mendapat tawaran dari FIFA. Di Asia, FIFA juga dikabarkan telah memberi penawaran kepada India. Bahkan, negara yang terkenal dengan film bolywood tersebut telah mendapat kunjungan dari Presiden FIFA Sepp Blatter pada 9 Maret 2012.

Meski demikian, Menpora Andi Mallarangeng tetap optimis Indonesia bisa memenangkan proses bidding yang akan segera dilakukan. Menurutnya, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tidak akan serumit Piala Dunia senior.

“Terlebih kita baru saja sukses menggelar kualifikasi AFC U-22 di pekanbaru. Saya yakin kita bisa menjadi tuan rumah yang bagus,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Juru Bicara Kepresidenan tersebut. Ia juga menambahkan bahwa jika usaha tersebut berhasil akan memberi pengaruh positif bagi perkembangan sepak bola Indonesia. Tentu saja, kita juga berharap demikian, bukan? (dd)

Comment di sini