Ramadhan 2012: Percayakan Penutupan Hiburan Malam Pada Aparat

by
July 19th, 2012 at 11:29 am

konvoi fpi

Jakarta (CiriCara.com) – Abdushomad Buchori, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur menghimbau agar seluruh umat Islam tidak melakukan aksi sweeping atau razia tempat hiburan malam selama bulan puasa.

Menurutnya,  sweeping merupakan suatu kegiatan yang amar ma’ruf nahi mungkar, mengajak pada kebaikan dan mencegah kemunkaran. Jadi dia menambahkan bahwa boleh saja melakukan sweeping asal tidak disertai dengan tindakan anarkistis.

Sebagian orang menilai bahwa sweeping atau razia hiburan malam selama bulan ramadhan memang perlu dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan agar umat Islam dapat terus menjaga kesucian berpuasa. Namun, MUI tetap meminta agar seluruh umat Islam mempercayakan proses penutupan hiburan malam kepada instansi terkait.

Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Jawa Timur Bawon Adiyithoni mengamini hal tersebut. Ia juga berharap agar seluruh umat Islam mempercayakan penutupan hiburan malam kepada aparat berwenang karena sudah ada surat edaran dengan nomor 460/12640/031/2012 dari Gubernur yang menghimbau tempat hiburan untuk tutup selama bulan ramadhan.

Untuk menegakkan himbauan yang diserukan Gubernur melalui edarannya, pemerintah akan menerjunkan satuan polisi pamong praja (satpol PP) yang bekerja sama dengan kepolisian setempat. Karena itu Bawon sekali lagi menghimbau agar umat Islam agar tidak melakukan sweeping. “Sudah ada satpol PP dan polisi yang berjaga. jadi umat Islam tidak usah sweeping,” ujarnya seperti dikutip dari Tempo. (dd)

Comment di sini