Sambut Ramadhan, Siswa SD Mengepel Bersama di Masjid

by
July 19th, 2012 at 3:16 pm

Surakarta (CiriCara.com) – Ada beberapa cara yang digunakan umat Islam untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1433 H/2012. Salah satunya adalah dengan cara membersihkan tempat ibadah atau Masjid. Itulah yang dilakukan oleh siswa SD Surakarta.

Sekitar 300-an siswa sekolah dasar (SD) melakukan kegiatan amal untuk membersihkan lantai Masjid Agung Surakarta. Berbekal dengan baju dan kain bekas, ratusan siswa SD ini terlihat sangat bersemangat saat mengepel serambi Masjid Agung. Acara mengepel bersama ini digelar pada Rabu (18/7/2012) kemarin.

Ratusan siswa SD ini merupakan siswa gabungan dari tiga sekolah di Surakarta. Sekolah yang terlibat aantara lain, SD Muhammadiyah 2, SMP Muhammadiyah 1 Simpon, dan SD Kauman. Tujuannya agar siswa SD lebih peduli lagi terhadap kebersihan tempat ibadah.

Wahyu Mardiono yang merupakan guru SD Muhammadiyah 2 mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengertian terhadap siswa mengenai pentingnya kebersihan. “Kegiatan ini menjadi perwujudan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman,” katanya, Rabu (18/7/2012).

Sementara itu salah satu seorang peserta, Muhammad Rafli Adam (10), mengaku membawa kaos berwarna putih untuk mengepel karena sudah tidak dipakai lagi. “Darpada tidak terpakai, mending buat mengepel,” ujarnya seperti dikutip Tempo.

Selain mengepel lantai, para siswa SD ini juga membersihkan beberapa bagian lain dari Masjid Agung seperti, beduk dan kentongan. Halaman masjid juga tidak luput dari sasaran bersih-bersih anak-anak SD ini. Dengan menggunakan sapu dan tempat sampah, mereka secara teliti membersihkan sampah yang berserakan.

Ketua Takmir Majid Agung Surakarta, Slamet Aby mengaku kegiatan mengepel bersama siswa SD ini sangat membantu pengurus masjid. Apalagi ukuran masjid yang besar seringkali membuat pengurus kesusahan saat membersihkannya.

Apalagi saat ini Masjid Agung Surakarta yang berukuran besar ini hanya memiliki 3 petugas kebersihan. Jadi, kegiatan bersih-bersih dari anak SD ini sangat membantu dan bermanfaat untuk menyambut Ramadhan mendatang.

“Sekarang lantai menjadi lebih bersih dan lebih nyaman digunakan untuk beribadah,” kata Slamet. (YG)

Comment di sini