Terlalu Banyak di Depan Komputer Dapat Mengakibatkan Stres

by
July 19th, 2012 at 3:40 pm

CiriCara.com – Memang sekarang adalah zaman yang serba canggih. Dunia maya pun sudah menjadi bagian paling penting dalam keseharian manusia. Tapi tahukah kamu kalau terlalu sering menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop, justru akan mengakibatkan stres?

Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gothenburg. Penelitian ini melibatkan 4.100 warga Swedia, baik itu wanita maupun pria dengan rentang usia 20-24 tahun.

Hasil penelitian ini membuktikan kalau seringnya menggunakan komputer, laptop, dan telepon genggam akan memicu munculnya stres, kesulitan tidur dan depresi.

Hal itu disebabkan oleh intensitas seringnya seseorang menghabiskan waktu lebih banyak di depan komputer, secara tidak langsung, akan membuat batin dan pikiran mereka tidak pernah merasa bebas. Hal itu juga membuat penggunanya mengabaikan kebutuhan pribadi, seperti tidur, makan, kegiatan sosialisasi di luar rumah, dsb.

Dampak buruk ini juga akan terjadi pada orang yang ketergantungan pada telepon genggamnya. Misalnya saja, telepon atau pesan yang tidak terjawab membuat orang tersebut merasa bersalah, dan mengakibatkan batin yang merasa tertekan tanpa disadari.

Selain itu, telepon genggam membuat orang jadi tidak dapat menikmati waktu senggang pribadi, karena urusan pekerjaan seringkali memanggil meski orang tersebut sedang berlibur bersama keluarga. Hal ini dapat menimbulkan stres dan depresi karena batin mulai merasa terbebani.

Intinya, teknologi canggih yang ada sekarang ini adalah untuk membantu dan memudahkan kegiatan sehari-hari manusia. Dampak buruk yang terjadi seperti yang dijelaskan di atas adalah hasil dari perbuatan diri sendiri, sebab semua yang dilakukan dan digunakan secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk.

Oleh sebab itu, sebelum kamu mengalami hal buruk sebagai akibat dari kecanduan akan teknologi zaman sekarang, sebaiknya kamu mulai mengurangi waktu penggunaan komputer/laptop, dan tingkat ketergantungan terhadap telepon genggam.

(YK)

Daily Mail

Comment di sini