6 Harga Kebutuhan Pokok yang Naik Menjelang Ramadan

by
July 20th, 2012 at 8:36 am

Jakarta (CiriCara.com) - Bulan Ramadan tinggal hitungan jam ke depan. Sejumlah tanda kehadiran bulan penuh berkah ini telah kita rasakan beberapa hari belakangan ini, salah satunya adalah naiknya harga barang yang termasuk kebutuhan pokok.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, harga barang-barang kebutuhan pokok selalu merangkak naik menjelang Hari Raya Lebaran.

Tahun ini, kenaikan harga cabe rawit, gula pasir, hingga beras juga tak terhindarkan.

Pada Kamis (19/7), bertempat di Kantor Presiden, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa merilis kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran 2012.

Menurut Hatta, ada kenaikan harga sebesar 5-33 persen pada tahun ini tidaklah terlalu tinggi. Berikut adalah kenaikan harga kebutuhan pokok seperti diungkapkan oleh Hatta.

-         Telur ayam ras: 13,67%

-         Daging ayam: 8,39%

-         Cabe rawit: 8,30%

-         Daging sapi: 33,6%

-         Gula pasir: 5,24%

-         Beras dan lainnya: 0,1-0,3%

Namun, pemerintah mengaku akan terus berupaya menekan kenaikan harga ini. Persediaan telah ditambah. Satu juta ton beras telah disediakan oleh Badan Urusan Logistik guna mengantisipasi kenaikan permintaan menjelang Ramadan.

Sementara itu, untuk memenuhi permintaan daging, pemerintah akan mendatangkan 700.000 ton daging impor. Sedangkan stok gula pasir diambil dari jatah untuk tahun ini dengan menambah pasokan gula mentah sebanyak 260.000 ton.

Pemerintah juga berencana melakukan intervensi harga dan menggelar pasar murah di seluruh provinsi Indonesia untuk mengontrol kenaikan harga. (hp)

Comment di sini