CiriCara: Cara Agar Anak Mau Bangun Sahur

by
July 20th, 2012 at 4:00 pm

Ilustrasi

CiriCara.com – Seperti yang sudah diketahui, Pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1433 Hijriyah/2012 Masehi jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012 besok. Itu artinya pada dini hari nanti Anda dan keluarga akan makan sahur. Bagaimana agar anak mau bangun sahur?

Membangunkan anak untuk sahur memang sedikit susah. Tapi jangan menyerah, jika tidak sahur anak Anda bisa saja sakit dan tidak akan kuat menjalani puasa sampai penuh. Karenanya sahur sangat penting untuk anak dalam menjalani puasa besok.

Berikut cara agar anak mau bangun sahur:

1. Tidur lebih awal

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyuruh anak untuk tidur lebih awal dari biasanya. Tujuannya agar dia tidak terlalu mengantuk saat dibangunkan sahur nanti. Tidur lebih awal akan membantu anak lebih siap untuk bangun sahur.

2. Siapkan alarm

Cara bangunkan anak untuk sahur bisa dengan jam alarm. Atur jam alarm dan taru di kamar anak tapi usahakan di tempat yang susah dijangkau. Tujuannya agar anak harus bangun dulu untuk mematikan alarm. Jika anak tidak bangun juga, Anda bisa datang ke kamar dan langsung bangunkan anak.

3. Buat anak merasa nyaman

Setelah anak mau bangun, tugas Anda adalah membuat anak merasa nyaman. Caranya, Anda bisa menyuruh anak untuk duduk sejenak setelah bangun dan segera menyuruhnya untuk mencuci muka. Duduk setelah bangun tidur bermanfaat untuk mencegah pusing. Dan cuci muka akan membantu menghilangkan rasa kantuk.

4. Siapkan menu spesial

Cara membangunkan anak untuk sahur di hari pertama puasa adalah siapkan menu spesial. Bangunkan anak sambil menyebut menu sahur yang akan disantap malam nanti. Saat mendengar menu kesukaan, dijamin anak akan langsung terbangun.

5. Sahur bersama-sama

Agar anak mau makan sahur, Anda harus mengajaknya makan bersama. Makan sahur akan terasa ngantuk jika tidak ada orang yang menemani dan mengajak anak mengobrol. Jadi, sebelum anggota keluarga lengkap, makan sahur jangan dimulai dulu.

Agar anak tidak malas bangun untuk makan sahur, makanan harus sudah siap sebelum anak bangun. Mungkin saja dengan melihat menu makanan yang ada di meja, si anak bisa langsung bersemangat dan tidak ngantuk lagi. (YG).