CiriCara: Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

by
July 20th, 2012 at 1:47 pm

Sidomi

CiriCara.com – Selama bulan Ramadhan seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selain rasa lapar dan dahaga, umat muslim juga sering direpotkan dengan masalah bau mulut. Bisakah bau mulut saat puasa dihilangkan?

Bau mulut saat berpuasa bisa disebabkan oleh banyak faktor. Merokok, penyakit ginjal, dan gangguan perut juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Agar puasa Anda bisa berjalan lancar dan tidak mengganggu orang lain, segera atasi bau mulut Anda.

Berikut cara atasi bau mulut saat puasa:

1. Menyikat gigi setelah makan

Agar bau mulut hilang, Anda harus rutin dalam menyikat gigi setelah makan. Setiap kali selesai makan di waktu buka puasa dan sahur jangan lupa juga untuk menyikat gigi. Agar efek pasta gigi tidak terasa lama di mulut, Anda harus makan sahur lebih awal.

2. Minum air yang cukup

Selain menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi), air mineral juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Cukup dengan minum air mineral sebanyak 8-10 gelas saat berbuka dan saat sahur, bau mulut bisa hilang. Air mineral berperan sebagai penetralisir bau mulut serta menambah pasokan air liur (saliva).

3. Hindari rokok

Merokok di bulan puasa, baik waktu berbuka atau sahur bisa menjadi penyebab bau mulut. Agar bau mulut berkurang, sebaiknya hindari rokok. Selain bisa hemat uang, Anda juga bisa lebih sehat.

4. Gunakan obat kumur

Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya bersihkan gigi menggunakan obat kumur antiseptik. Dengan obat kumur napas akan lebih segar dan semua bagian gigi yang kotor bisa terjangkau dengan mudah.

5. Minum teh hijau

Minum teh hijau tanpa gula saat berbuka puasa dan makan sahur akan membantu Anda mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

6. Bersihkan sela-sela gigi

Agar bau mulut tidak datang saat menjalankan puasa, bersihkanlah sela-sela gigi sampai bersih. Caranya bisa gunakan benang gigi (dental floss), atau alat pembersih gigi yang lainnya. Minimal bersihkan gigi dari sisa-sisa makanan saat sahur.

7. Periksa ke dokter gigi

Sebelum bulan Ramadhan tiba, ada baiknya Anda segera periksa ke dokter gigi. Minta untuk dibersihkan plak-plak pada gigi dan juga obati dengan segera gigi berlubang Anda agar tidak ada makanan yang masuk.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. Walau banyak yang bilang kalau bau mulut orang puasa itu berkah, tetap saja menjaga kebersihan gigi itu lebih berkah. Jadi, jangan malas untuk membersihkan gigi terutama saat Ramadhan. (YG)

Comment di sini