FPI Puasa Hari Ini

by
July 20th, 2012 at 9:14 am

Jakarta (CiriCara.com) – Seperti yang sudah diketahui dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama, Kamis (19/7/2012) malam kemarin, memang ada perbedaan pendapat. Salah satunya datang dari ormas Front Pembela Islam (FPI). Mereka tegas menyatakan akan mulai puasa pada Jumat (20/7/2012) hari ini.

Walau pemerintah memutuskan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu (21/7/2012), FPI tetap menjalankan puasa mulai hari ini. Seperti yang diungkapkan oleh Juru Bicara Front Pembela Islam, Munarman, kemarin.

“Insya Allah, kami mulai puasa besok (Jumat, 20 Juli 2012),” kata Munarman ketika dikonfirmasi oleh Tempo, Kamis (19/7/2012) kemarin.

FPI memutuskan untuk mulai berpuasa hari ini karena mereka mengaku sudah melihat hilal (bulan sabit) saat melakukan rukyatul hilal pada Kamis sore kemarin. Lokasi rukyatul hilal yang dilakukan oleh FPI sendiri berada di Cakung, Jakarta Timur.

“Kami sudah melihat hilal di Cakung tadi,” kata Munarman.

Sejumlah anggota FPI menutur Munarman, melaksanakan shalat tarawih di rumah masing-masing. Ia menuturkan bahwa ibadah sunnah itu tidak harus dilakukan di Masjid, apalagi sebagian besar warga Jakarta mengikuti keputusan pemerintah.

“Pemerintah memutuskan satu Ramadhan jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali, setelah selesai memimpin sidang isbat, Kamis (19/7/2012) malam kemarin.

Selain FPI, ormas Muhammadiyah juga telah melaksanakan ibadah puasa pada Jumat hari ini. Muhammadiyah sejak awal memang sudah memberikan kepastian awal Ramadhan jatuh pada Jumat 20 Juli 2012. Namun sayang, dalam sidang isbat kemarin malam, tidak ada satupun perwakilan Muhammadiyah yang hadir di sana. (YG)

Comment di sini