Inilah Masjid-masjid Terindah di Dunia

by
July 20th, 2012 at 3:04 pm

CiriCara.com – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah/2012 Masehi, mari kita kenali masjid terindah di dunia. Di beberapa negara, masjid dibangun dengan sangat indah dan megah. Bahkan ada masjid yang terlihat seperti punya pelangi di malam hari.

Sebagai tempat ibadah, masjid diwajibkan untuk bersih dan terjaga dari najis. Selain bersih, ternyata di beberapa negara membuat masjid dengan indah dan megah. Maka tak heran jika banyak orang datang untuk berkunjung ataupun shalat.

Berikut masjid-masjid terindah di dunia:

1. Masjid Faisal di Islamabad, Pakistan

Masjid Faisal di Islamabad ini dinobatkan menjadi masjid terbesar ke-4 di dunia. Masjid ini pernah mendapat rekor terbesar di dunia pada 1986-1993. Namun, setelah beberapa masjid merenofasi bangunannya, rekor itupun berpindah.

2. Masjid Al Haram di Mekah, Saudi Arabia

Masjid Al Haram saat ini dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia. Masjid ini terletak di kota Mekah, di sekitar wilayah Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam. Kawasan Masjid Al Haram seluas 400.800 meter persegi (99.0 hektar). Masjid ini diperkirakan bisa menampung 4 juta orang di musim haji.

3. Masjid Al Nabawi di Medina, Saudi Arabia

Masjid Al Nabawi menjadi masjid terbesar ke-2 setelah Masjid Al Haram. Tempat yang paling banyak menarik pengunjung adalah Kubah Hijau (pusat masjid), di mana di situ ada makam Nabi Muhammad SAW. Beberapa sahabat Rasulullah, Abu Bakar As-Siddiq dan Umar bin Khattab juga dimakamkan di wilayah masjid ini.

4. Masjid Zahir di Kedah, Malaysia

Masjid ini telah dibangun di Kedah, Malaysia pada tahun 1912. Bangunan masjid ini diadobsi dari bangunan Masjid Azizi di bandar Langkat di Sumatera Utara, Indonesia. Masjid Zahir mempunyai lima kubah yang melambangkan rukun Islam.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Bandar Seri Begawan, Brunei

Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid yang paling hebat di tanah Asia Pasifik dan menjadi tujuan utama banyak turis di Brunei. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dianggap sebagai lambang negara oleh penduduk Brunei.

6. Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang indah di Indonesia. Masjid Baiturrahman ini juga mempunyai bentuk unik, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan bilik masjid yang nyaman untuk dijadikan tempat ibadah. Masjid ini mengalami renovasi sebanyak tiga kali.

7. Masjid Sultan, Singapura

Masjid ini menjadi masjid yang paling terkenal di Singapura. Bangunan masjid ini tidak pernah mengalami renovasi sejak pertama didirikan. Hanya saja pada tahun 1960, masjid ini sempat diperbaiki namun tidak merubah bangunan aslinya.

8. Masjid Taj’ul, Bhopal, India

Masjid Taj’ul adalah sebuah masjid yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini juga disebut-sebut sebagai masjid terbesar di Asia. Selain digunakan untuk beribadah, masjid ini juga sering digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (madrasah) pada malam hari.

Itulah masjid-masjid indah yang berada di beberapa negara Islam. Ternyata, Indonesia juga punya masjid yang masuk dalam kategori indah dan megah. Tapi, yang terpenting dari keindahan masjid itu adalah sering digunakan untuk ibadah bukan hanya untuk pariwisata saja. (YG)

Comment di sini