Inilah Pasar Ramadhan di Beberapa Kota di Indonesia

by
July 20th, 2012 at 3:30 pm

CiriCara.com – Bulan Ramadhan menjadi kesempatan untuk para pedagang meningkatkan penjualannya. Khususnya mereka para pedagang makanan dan pakaian. Jika Ramadhan tiba, di beberapa kota di Indonesia selalu ada pasar dadakan.

Yang unik dari pasar dadakan ini adalah hanya ada saat Ramadhan tiba. Setelah Ramadhan usai, pasar ini pun menghilang dan akan muncul lagi di Ramadhan tahun berikut. Penasaran lokasi mana saja yang sering jadi pasar dadakan Ramandhan?

Berikut pasar dadakan Ramadhan di Indonesia:

1. Pasar Benhil

Lokasi pasar yang satu ini ada di bendungan hilir, Jakarta. Pasar ini buka pada pukul 2 siang sampai pukul 7 malam. Pasar ini menjual berbagai macam makanan ringan dengan harga yang ringan pula.

Kue dan takjil biasa dijual dengan harga Rp 5000 hingga Rp 10.000 untuk tiap bungkusnya. Sementara untuk lauk pauk seperti ikan bakar dan rendang, harganya mulai dari Rp 10 ribu sampai Ro 25 ribu per porsi. Bagi yang sedang mencari menu untuk buka puasa, bisa langsung datang dan pilih sendiri menu yang diinginkan.

2. Pasar Sore Ramadhan Kauman

Pasar ini berada di Jalan Kauman, Gondomanan Yogyakarta. Pasar ini buka dari jam 2 siang hingga menjelang maghrib, jadi harus cepat sebelum tutup. Pasar ini juga menjual berbagai macam makanan khas untuk berbuka puasa.

Makanan yang sering dijual adalah, Kicak (beras ketan yang dimasak dengan campuran parutan kelapa, gula, dan buah nangka), carang gesing, semar mendem, dan jadah manten. Pokonya masih banyak lagi makanan lainnya. Untuk Anda warga Yogya, silakan datang langsung.

3. Pasar Ramadhan Wadai

Pasar ini berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Makanan yang biasa ditemukan di pasar ini adalah kue bingka, Putri Selat, Amparan Tatak Pisang, Pais dan masih banyak lainnya. Untuk lauk tersedia, iwak (ikan) pais, iwak masak habang, pais seluang, gangan waluh, sayur umbut, itik panggang dan masih banyak lagi. Kebanyakan makanan yang dijual adalah makanan khas Banjarmasin.

4. Pasar Pabukoan, Padang

Pasar ini berada di depan Balaikota Padang, Sumatera Barat. Biasa buka pukul 12.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Makanan yang dijual di sana adalah ayam panggang, ikan bakar, goreng ikan dengan cabe hijau, lalap-lalapan, gulai kepala ikan, samba lado bada kariang dan juga masih banyak lain. Untuk camilan ada onde onde, lepat, lopis, serabi, pindukuik, cindua lapek, dan lain-lain.

5. Pasar Ramadhan Kampung Jawa Bali

Pasar ini berada di Bali, tepatnya di Kampung Jawa, Jl A yani, Denpasar, Bali. Pasar ini tutup setelah barang dagangan sudah habis terjual. Jajanan yang dijual di sana adalah pastel, bakwan, risol, tahu isi, koktai dan es buah serta sate susu. Intinya makanan yang dijual di sana khas dari Kampung Jawa.

Itulah beberapa pasar yang sering muncul di beberapa kota di Indonesia ketika Ramadhan tiba. Tempat atau pasar tersebut bisa dijadikan referensi untuk Anda yang sedang bingung mencari makanan untuk berbuka puasa. (YG)

Comment di sini