Manfaat Lain Berpuasa: Memperpanjang Usia

by
July 20th, 2012 at 1:47 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan bahwa puasa mampu meningkatkan kekuatan otak sekaligus menurunkan berat badan karena berkurangnya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan, mereka mengklaim bahwa puasa mampu membuat manusia berusia lebih pajang.

Melalui penelitian yang dilakukan terhadap binatang, The National Institute for Aging (NIA) menyimpulkan bahwa pembatasan makanan dan diet energi dapat memperpanjang hidup dan melindungi otak serta sistem kardiovaskular dari penyakit yang berkaitan dengan umur seseorang.

Mereka meneliti hal tersebut dengan cara memberi makan binatang dengan jumlah minimal yang hanya cukup untuk bertahan hidup. Hasilnya di luar dugaan, binatang-binatang tersebut justru mampu bertahan hidup lebih lama. Jika hal tersebut dipraktekkan pada manusia maka akan ada perbaikan sistem peredaran darah, mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan usia seperti Alzheimer, serta melindungi jantung.

Mark Mattson, Kepala Laboratorium Ilmu Saraf di NIA, yang juga merupakan profesor di John Hopkins University, Baltimore, mengatakan bahwa tikus yang diberi makan dua hari sekali lebih sensitif terhadap insulin dan memproduksi hormon tersebut dengan jumlah yang lebih sedikit. Sedangkan, kadar hormon insulin yang terlalu tinggi berkaitan dengan menurunnya kekuatan otak dan meningkatkan risiko diabetes. Hormon insulin sendiri berfungsi sebagai pengontrol kadar gula setelah makan atau ngemil.

Sebelum menyimpulkan hal tersebut, Profesor Mattson membagi tikus ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi makan dua hari sekali, sedangkan kelompok berikutnya diberi kebebasan untuk makan setiap hari.

Profesor Mattson menambahkan bahwa hasil lainnya adalah bahwa tikus yang mengalami diet kalori (diberi makan dua hari sekali) mengalami peningkatan fungsi sinapsis pada otak. Menurutnya, hal tersebut disebabkan adanya pertemuan sel-sel otak yang mendorong regenerasi sel baru. Efek lain dari meningkatnya fungsi sinapsis pada otak adalah ketahanan terhadap stres juga ikut meningkat. (dd)

Comment di sini