Masjid Ini Menjadi Saksi Perang Dunia II

by
July 20th, 2012 at 10:45 am

CiriCara.com – Selain mempunyai menara Eiffel yang tinggi menjulang, Pracis juga punya bangunan bersejarah lainnya. Bangunan tersebut adalah Grande Mosquee De Paris atau biasa disebut sebagi Masjid Agung Paris. Seperti apa sejarah dari masjid ini?

Grande Mosquee De Paris adalah masjid terbesar ketiga di Eropa dan menjadi masjid pertama yang dibangun di Prancis. Masjid ini dibangun di jantung kota Paris, Arondisemen Place du Puits de I’Ermite. Kemegahan masjid ini tidak kalah dengan menara Eiffel.

Seperti dikutip dari Islamcity, masjid ini dibangun untuk menghormati penduduk muslim Prancis yang ikut bertempur pada perang dunia I, terutama untuk mereka yang tewas dalam peperangan Verdun tahun 1916. Grande Mosquee De Paris dibangun pada tahun 1920 dan diresmikan pada 15 Juli 1926 oleh Presiden Gaston Doumergue.

Pada Perang Dunia II, masjid megah ini digunakan untuk tempat persembunyian rahasia bagi korban aniaya. Dulu masjid ini lebih sering dijadikan tempat tinggal yang aman untuk anak-anak Muslim dan Yahudi. Masjid ini memiliki peran sosial penting bagi umat Islam Eropa.

Masjid pertama di Prancis ini dibangun dengan dinding murni putih dan hijau-biru. Bagian atap masjid ini dibangun seperti bentuk menara yang menjulang tinggi. Masjid ini berdiri sangat kokoh karena dibuat dengan beton yang dilengkapi mozaik ajaib.

Selain bangunan atau arsitek yang indah dan megah, masjid ini juga punya tradisi unik. Selama musim dingin di masjid ini menyediakan pemandian Turki marmer. Jadwalnya bergiliran antara laki-laki dan wanita. Pada hari Selasa dan Minggu, giliran laki-laki bisa menikmati tradisi unik ini. Dan sisa waktu yang kosong dimanfaatkan untuk wanita.

Namun sayang, menurut Institut Registrasi Dunia Arab, dari sekitar 121 masjid yang ada, banyak masjid yang hanya dijadikan tempat parkir dan bangunan kosong saja tanpa ada kegiatan ibadah di dalamnya. Padahal, di Prancis ada sekitar 4 juta warga yang beragama Islam.

Hanya masjid Grande Mosquee De Paris saja yang hingga saat ini ramai dikunjungi dan digunakan untuk beribadah. Selain karena sejarah Islam yang kental, masjid agung Prancis ini juga mempunyai daya tarik dari segi arsitekturnya. (YG)

Comment di sini