5 Hal Berbahaya Saat Belanja Online

by
July 23rd, 2012 at 2:58 pm

CiriCara.com – Belanja online melalui internet memang sudah menjadi hal yang biasa di sekarang ini. Semakin hari semakin banyak saja orang bertransaksi di situs jual-beli online. Apakah Anda juga termasuk salah satu pengguna jasa belanja online?

Jika Anda termasuk pengguna jasa jual-beli online, sebaiknya mulai sekarang waspada. Karena baru-baru ini mulai muncul berbagai kejahatan online. Waspadalah dan teliti saat Anda akan bertransaksi di situs jual-beli online.

Berikut 5 hal berbahaya saat belanja online:

1. Gambar produk

Gampar produk menjadi berbahaya karena bisa menipu. Penjual bisa mengunggah foto palsu di iklan penjualannya. Sehingga saat barang diterima, kemungkinan barang tidak sesuai dengan gambar sangat besar. Jadi, sebaiknya jangan tergiur dengan gambar produk yang bagus saat bertransaksi online. Cobalah untuk meminta gambar asli atau keterangan lebih lanjut dari penjual.

2. Harga yang murah

Harga yang murah bisa membahayakan uang Anda. Sudah banyak penjual online yang menawarkan barang bagus dengan harga yang murah. Tapi, setelah uang terkirim si penjual menghilang entah kemana. Sebelum membeli, lihat dulu ulasan terakhir penjual dari pelanggannya. Jika pelanggan banyak komplain, itu artinya penjual ini berbahaya.

3. Data pribadi di komputer

Menyimpan data pribadi di komputer setelah bertransaksi bisa menjadi hal yang berbahaya. Karena bisa saja saat komputer atau laptop Anda di curi, maka data itu akan berpindah ke pencuri dan disalahgunakan. Jika mau menyimpan data pribadi, pastikan laptop dalam kondisi terkunci setelah di pakai.

4. Koneksi internet lambat

Koneksi internet lambat bisa menjadi hal yang berbahaya untuk Anda. Pasalnya, koneksi internet yang lambat bisa mengganggu proses transaksi secara online. Bisa saja transaksi batal, namun tagihan sudah masuk di kartu kredit Anda. Ini jelas akan merugikan Anda, jadi pastikan koneksi internet dalam kondisi baik sebelum bertransaksi.

5. Ongkos kirim barang

Karena dilakukan melalui internet, maka barang yang dibeli akan sampai melalui jasa kurir. Harga barang murah bisa menjadi mahal karena ada ongkos kirim kurir ini. Jika ingin ongkos kirim yang murah, maka transaksilah dengan penjual yang berada di satu kota atau dekat dengan tempat tinggal Anda.

Kelima hal di atas memang sering terlupakan oleh mereka yang sedang bertransaksi online. Terkadang harga barang yang murah jadi daya tarik utama dan sangat menggiurkan. Jika Anda ingin transaksi online yang aman, maka perhatikanlah 5 hal yang berbahaya tersebut dengan baik. (YG)

Comment di sini