CiriCara: Cara Buat Es Selendang Mayang untuk Buka Puasa

by
July 23rd, 2012 at 5:00 pm

CiriCara.com – Tinggal hitungan jam lagi puasa untuk hari ketiga ini akan segera berakhir. Sekarang, tugas Anda adalah menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga. Masih bingung dan belum tahu mau membuat menu apa untuk buka puasa?

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli menu buka di warung, mungkin es selendang mayang ini bisa jadi rekomondasi. Anda bisa kok membuat minuman yang berwarna menggoda dan mengenyangkan ini. Mau tahu cara membuatnya?

Resep Es Selendang Mayang:

Bahan:
- 150 gram tepung hungkwe
- 150 gram tepung sagu aren
- 1,5 liter air (kalau kurang bisa tambahkan lagi sampai adonan encer)
- 25 g cokelat bubuk
- Pewarna makanan (sesuai selera)
- 1 liter susu kedelai (atau bisa diganti dengan santan)
- Susu kental manis (secukupnya)
- Es batu (secukupnya)
- Syrup secukupnya (warna terserah)

Cara membuat:
- Selendang mayang: campur tepung hungkwe, tepung sagu aren, air, dan aduk sampai tercampur rata. Masukan cokelat bubuk (atau pewarna makanan) dan air sampai semua bahan tercampur rata.
- Tuang adonan ke loyang yang sudah dilumuri mentega agar tidak lengket.
- Masukkan loyang berisi adonan ke tempat pengukusan. Tunggu sampai matang atau adonan terlihat ada yang bergelembung dan agak kenyal, angkat dan tiriskan.
- Lepaskan adonan dari loyang. Potong adonan selendang mayang yang sudah matang itu dengan bentuk kotak dadu berukuran kecil (tergantung selera).
- Siapkan gelas.
- Masukan potongan selendang mayang ke dalam gelas bersama es batu. Siram dengan susu kedelai dan susu kental manis, bisa juga tambahkan syrup. Taraa.. es selendang mayang siap dinikmati saat berbuka puasa. (YG)