CiriCara: Cara Latihan Otot Saat Puasa di Kantor

by
July 23rd, 2012 at 2:07 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orang mengaku malas dan tidak bersemangat untuk kerja saat berpuasa. Rasa lapar dan dahaga memang sering mengganggu mood seseorang. Itulah sebabnya menjaga kebugaran tubuh sangat penting.

Tubuh akan mudah lelah saat berpuasa, tapi bukan berarti tubuh tidak butuh olahraga. Meski sedang berpuasa, olahraga tetap harus dilakukan dengan rutin. Tidak perlu olahraga berat, karena dengan gerakan ringan saja tubuh bisa kembali bugar.

Berikut cara latihan otot saat puasa selama di kantor seperti dikutip dari Metrotvnews:

1. Peregangan otot

Cara ini bermanfaat untuk melenturkan otot-otot sisi tubuh, lengan dan pinggang. Setelah melakukan ini tubuh akan kembali merasa nyaman dan bugar. Caranya, luruskan kedua tangan ke atas melalui sisi telinga, tahan 10-20 detik. Sekarang condongkan tubuh ke kiri, tahan 10-20 detik. Ulangi ke kanan 10-20 detik.

2. Latihan otot lengan

Cara ini bermanfaat untuk melenturkan otot-otot lengan atas, punggung atas dan bahu. Caranya cukup dengan luruskan kedua tangan ke depan dada, tahan 10-20 detik.

3. Latihan otot siku dan bahu

Cara ini bermanfaat untuk melenturkan punggung atas dan bahu. Caranya cukup dengan putarkan kedua siku dan bahu ke arah belakang dan depan masing-masing 10 kali. Lakukan secara perlahan agar tidak ada yang terkilir.

4. Latihan otot pinggang dan punggung bawah

Cara ini bermanfaat untuk melenturkan otot-otot pinggang, pinggul, dan punggung bawah. Caranya, silangkan kaki kiri ke atas kaki kanan. Tubuh bagian atas serong ke kiri. Tangan kanan menekan paha luar kiri, tahan 10-20 detik. Lakukan bergantian posisi kaki kanan berada di atas.

5. Latihan otot cium lutut

Cara ini bermanfaat untuk melenturkan punggung bagian bawah dan paha bagian depan. Caranya peluk dan cium lutut dari kiri, tahan 10-20 detik. Ulangi cara yang sama mulai dari kanan selama 10-20 detik.

6. Latihan otot seperti jongkok

Cara ini akan memposisikan tubuh seperti sedang jongkok. Manfaatnya adalah melenturkan punggung bawah dan paha di bagian belakang. Caranya, bungkukkan tubuh bagian atas sampai dada menyentuh paha. Posisikan kedua tangan di belakang betis, tahan 10-20 detik.

7. Latihan otot jinjit

Gerakan ini mirip dengan jalan jinjit namun menggunakan tumit sebagai tumpuan. Sementara telapak kaki bergantian kanan dan kiri, naik turun hingga menyentuh lantah. Lakukan sebanyak 20 kali. Manfaatnya adalah melenturkan otot-otot betis dan pergelangan kaki.

8. Latihan otot kaki 1

Cara ini bermanfaat untuk mengencangkan otot paha bagian belakang dan bokong. Caranya cukup dengan secara perlahan gerakan kaki kiri/kanan ke arah bokong dari bawah ke atas. Lakukan masing-masing kaki 10 kali.

9. Latihan otot kaki 2

Cara ini bermanfaat untuk mengencangkan otot pinggul dan paha samping. Caranya, tendangkan pelan-pelan kaki kiri ke samping, lakukan masing-masing kaki sebanyak 10 kali secara bergantian.

10. Latihan otot kaki 3

Cara ini bermanfaat untuk mengencangkan paha bagian depan dan perut bagian bawah. Caranya adalah angkat lutut ke atas sampai posisinya sejajar dengan pangkal paha, kemudian turunkan lagi ke posisi semula. Lakukan masing-masing kaki kiri dan kanan sebanyak 10 kali.

Dengan melakukan latihan otot seperti di atas, tubuh Anda akan kembali bugar. Jadi, meski sedang berpuasa Anda masih bisa bekerja dengan baik dan bersemangat. (YG)

Comment di sini