Hujan Badai Melanda Cina, 37 Korban Tewas

by
July 23rd, 2012 at 3:05 pm

Ed Jones / AFP / GettyImages

Jakarta (CiriCara.com) - Berbeda dengan panas ekstrem yang kini melanda kawasan Timur Tengah atau Amerika Serikat beberapa waktu lalu, pemerintah Cina malah disibukkan dengan adanya hujan badai. Tidak hanya kerugian materil, badai tersebut juga merenggut puluhan nyawa warganya. Hujan ini disinyalir sebagai hujan terlebat yang terjadi di Cina selama 60 tahun terakhir.

Badai tersebut terjadi di Beijing. Hujan besar mendera kota ini selama sekitar 20 jam, dari Sabtu sore hingga Minggu malam. Dengan adanya kejadian tersebut, 60 ribu warga Beijing terpaksa mengungsi. Korban jiwa yang tercatat dalam peristiwa ini adalah 37 orang, 22 di antaranya telah berhasil diidentifikasi. Para korban tewas dengan penyebab yang beragam, sebagian karena hanyut, sebagian karena terjebak di dalam mobil, ada juga yang tewas akibat sengatan listrik.

Otoritas setempat memperkirakan bahwa badai yang menyebabkan kerugian sekitar US$1,6 miliar tersebut masih akan terus berlanjut dan melanda sebagian wilayah utara dan selatan Cina. “Sebagian besar wilayah utara Cina, Lembah Sichuan, dan sebagian selatan Cina masih akan dilanda hujan deras,” ujar perwakilan Pusat Nasional Meteorologi di Beijing seperti dikutip dari Antara.

Selain memberi peringatan akan adanya hujan atau badai lanjutan, pemerintah Cina juga ingin agar warganya tetap waspada terhadap bencana-bencana yang mungkin berkaitan dengan badai tersebut seperti longsor atau banjir. Pasalnya, Cina merupakan negara besar dengan banyak lanskap dan pegunungan sehingga potensi terjadinya longsor menjadi lebih besar. (dd)

Comment di sini