Inilah Perubahan Bumi Setelah 40 Tahun [Foto]

by
July 23rd, 2012 at 11:21 am

CiriCara.comNASA (National Aeronautics and Space Administration) bekerja sama dengan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) untuk meluncurkan program Landsat yang dimulai pada 23 Juli 1972.

Melalui program ini, satelit dengan resolusi gambar yang tinggi berfungsi untuk memetakan beberapa wilayah di Bumi untuk mengetahui perkembangan keadaan di wilayah tersebut beserta populasi penduduknya.

Tepat pada hari ini Program Landsat memperingati hari jadinya yang ke 40.

Inilah gambar perubahan beberapa wilayah di Bumi selama 4 dekade.

Science Photo Library/Rex Features/Daily Mail

Ini adalah gambar kota Binhai di China. Pada 1992 (gambar kiri), Binhai masih belum padat dengan permukiman, sedangkan tahun 2012 ini, kota Binhai menjadi salah satu zona utama perekonomian China, sebab kota ini sudah menjadi pusat penelitian antariksa, penghasil minyak terbesar dan pusat perindustrian dan bahan kimia terbesar.

Science Photo Library/Rex Features/Daily Mail

Pada gambar yang kedua ini, Landsat memetakan keadaan di pulau Jawa, Indonesia. Satelit ini sudah mengambil 3 gambar untuk pulau Jawa.

Pada gambar yang paling kiri, itu adalah keadaan pulau Jawa pada 1976, ketika lahan pertanian yang ditandai dengan warna merah-kecokelatan masih luas, dan penduduknya baru mencapai 6 juta jiwa.

Sedangkan, gambar yang di tengah adalah keadaan pulau Jawa pada 1989 dengan jumlah penduduk mencapai 9 juta jiwa, dan pada gambar yang ketiga populasi pulau Jawa semakin meningkat dengan total penduduk mencapai 13 juta jiwa, dan lahan pertanian sudah semakin berkurang.

Science Photo Library/Rex Features/Daily Mail

Ini adalah gambar Laut Mati yang terletak di lembah sungai Yordan, Israel. Gambar sebelah kiri diambil pada 1984 dengan volume air yang masih banyak. Sedangkan, pada 2011 lalu, volume air Laut Mati ini berkurang karena pengalihan air dari sungai Yordania ke anak-anak sungai lainnya.

Science Photo Library/Rex Features/Daily Mail

Inilah gambar The Great Salt Lake, Utah, AS. Gambar sebelah kiri, itu adalah The Great Salt Lake yang diambil pada 1985, dan jika dibandingkan dengan gambar yang diambil pada 2010 (kanan), maka The Great Salt Lake telah mengalami penurunan volume air. The Great Salt Lake ini sangat rentan terhadap perubahan musim, seperti musim kering yang berkepanjangan dan tingginya curah hujan pada musim hujan.

Itulah beberapa wilayah di Bumi yang berhasil diambil oleh satelit resolusi tinggi yang digunakan pada program Landsat. Setelah bekerja selama 40 tahun, Landsat membuktikan bahwa Bumi ini semakin padat dengan permukiman manusia, dan beberapa lahan kosong serta lautan mulai terkikis oleh permukiman manusia tersebut. (YK)

Daily Mail

Comment di sini