Kiat Sehat Saat Puasa Ala Vegetarian

by
July 23rd, 2012 at 1:36 pm

CiriCara.com - Vegetarian adalah orang-orang yang hanya memakan sayuran sebagai hidangan mereka. Walaupun tidak ada menu daging dalam makanan yang mereka makan, mereka masih tetap bugar dan bertenaga selama berpuasa seharian penuh.

Perhatikan pola makan sehat para vegetarian saat sedang berpuasa berikut ini:

1. Konsumsi sayuran saat sahur

Makan tidak berlebihan saat sahur adalah salah satu kunci agar tetap bersemangat saat berpuasa. Makanan yang berserat harus diperbanyak dan diimbangi dengan makanan yang mengandung gizi. Saat buka puasa tiba, meminum minuman yang hangat akan sangat membantu proses pencernaan perut. Makanlah buah atau makanan ringan lain sebelum makan berat. Setelah beberapa lama barulah makan besar.

2. Minum air putih

Meminum air putih yang banyak akan membantu memulihkan kondisi tubuh yang dehidrasi setelah beraktivitas sepanjang hari. Pastikan air putih yang dikonsumsi saat sahur cukup sehingga tubuh tidak akan terlalu kepanasan saat berada di luar ruangan atau di tempat ber-AC.

3. Berolahraga

Menjelang waktu berbuka, disarankan untuk berolahraga ringan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat cukup menggerakkan badan seperti berjalan santai atau senam ringan agar badan tidak terasa kaku. Apabila kegiatan ini dilakukan secara rutin, puasa sebulan penuh bukan lagi masalah.

4. Asupan vitamin

Mengasup vitamin tidak perlu dengan membeli tablet yang dijual di pasaran. Vitamin yang didapat dari buah dan sayuran alami lebih bermanfaat daripada vitamin dalam tablet. Buah dan sayuran yang beraneka warna juga mengandung vitamin yang dubutuhkan oleh tubuh sebut saja kacang-kacangan, buah berwarna merah dan kuning, serta sayuran hijau.

Selain porsi buah dan sayur, susu juga akan sangat membantu dalam menjaga ketahanan fisik. Minuman ini baiknya dikonsumsi saat sahur. Tambahkan juga sesendok madu, dengan keju atau telur. Untuk mereka yang tidak mengonsumsi susu berprotein hewani, bisa juga diganti susu kedelai.

Vegetarian tetap dapat melaksanakan puasa dengan baik walaupun dalam menu mereka, tidak ada menu untuk daging atau produk hewani lainnya. Mereka tetap mendapatkan asupan protein atau zat lain yang dibutuhkan dari produk-produk nabati. Empat cara di atas cukup efektif untuk berpuasa.(GT)

Comment di sini