Olimpiade 2012 London Dihantui Pencopet Asal Rumania

by
July 23rd, 2012 at 10:55 am

Andrew Bret Wallis / Getty Image

(Jakarta (CiriCara.com) – Olimpiade 2012 akan segera digelar di London. Pesta olahraga terbesar di seluruh dunia tersebut tentunya menarik puluhan ribu wisatawan sekaligs supporter yang masuk ke London. Ibarat pepatah bilang “di mana ada gula, di situ ada semut”, para pencopet tentu akan memanfaatkan ajang yang melibatkan lebih dari 10.000 atlet tersebut.

Para penjahat tersebut datang dari berbagai negara. Umumnya, mereka merupakan warga negara Eropa Timur seperti Rumania, Lithuania, dan Amerika Selatan. Penjahat-penjahat profesional tersebut mengincar dompet, handphone, atau laptop jinjing. Saat beraksi, mereka membutuhkan kurang dari satu detik untuk mengambil barang berharga korbannya. Setelah itu, mereka akan melarikan diri melalui rute kota London yang telah mereka pelajari sebelum beraksi.

Biasanya, metode yang paling banyak digunakan adalah dengan berpura-pura meminta petunjuk jalan kepada calon korban. Ketika salah satu komplotan tengah sibuk berbincang dengan korban yang sudah mulai masuk perangkapnya, seorang pria yang berpura-pura mabuk datang dan menubruk mereka. Dalam waktu singkat, barang berharga milik korban telah berpindah tangan.

Namun, proses belum selesai sampai di situ karena jika sang korban segera menyadari bahwa bawaan mereka hilang, pria mabuk tersebut tentu akan mudah dikenali. Untuk menghindari hal tersebut, pencopet profesional ini memiliki solusi. Mereka memiliki anggota lain yang akan menjadi pembawa hasil rampasan.

Kepala tim penanggulangan kejahatan Olimpiade Inspektur Detektif Mark Teodorini mengatakan bahwa pihak kepolisian telah telah mengetahui para pelaku, mereka juga telah memetakan lokasi-lokasi pelarian para pencopet.

“Kami telah mengetahui lokasi mereka beraksi, tempat tinggal mereka, serta kendaraan yang mereka gunakan,” ujar Teodorini seperti dikutip dari BBC. Ia dan timnya terus membuntuti turis-turis yang dicurigai juga berprofesi sebagai pencopet profesional. Begitu sang copet beraksi, mereka langsung menyergapnya. Sejauh ini, pihak kepolisian mengaku telah menangkap sekitar 80 copet.

Omset yang didapatkan para pencopet itu lumayan banyak. Mereka bisa mengumpulkan hingga £ 4.000 atau Rp 49 juta rupiah dalam aksi copet mereka. Sebuah jumlah yang layak untuk dikejer dari mereka hingga ke London. (dd)

Comment di sini