CiriCara: Cara Pacaran yang Baik Saat Puasa

by
July 24th, 2012 at 11:50 am

CiriCara.com – Sekarang kita sudah masuk di bulan puasa yang harus dijalankan selama satu bulan penuh. Agar puasa dan acara pacaran kamu dengan pacar bisa berjalan lancar secara seimbang, maka pelajari dulu cara pacaran yang baik.

Pacaran di bulan Ramadan sebenarnya boleh saja asal masih dalam tahap wajar. Agar pahala puasa tidak hilang, pacaranlah dengan baik. Jangan biarkan puasa tahun ini berlalu dengan rasa lapar dan dahaga saja.

Berikut cara pacaran yang baik saat puasa:

1. Jangan bersentuhan

Kamu dan pacar saat ini belum menikah dan itu artinya masih bukan muhrim. Dalam Islam, bukan muhrim tidak boleh saling bersentuhan (kontak fisik) atau berpegangan tangan. Selain dilarang dalam agama, bersentuhan juga bisa menghilangkan pahala dan membatalkan puasa.

2. Jangan berduaan

Berduaan bersama pacar di tempat yang sepi akan memunculkan hawa nafsu yang bisa menjerumuskan ke hal yang negatif. Jika hal itu terjadi, puasa akan batal dan kamu akan mendapat dosa dari Allah. Lebih baik ajak teman jika memang kamu mau pacaran atau pacaranlah di tempat yang ramai.

3. Berbusana yang sopan

Biasanya para perempuan sering melupakan hal ini. Cobalah untuk berbusana sopan, terutama perempuan sebaiknya memakai kerudung. Selain bisa meredam syahwat, berbusana yang sopan juga lebih enak dipandang.

4. Kegiatan positif bersama

Daripada pacaran ke mal atau tempat hiburan lainnya, lebih baik kamu melakukan beberapa kegiatan positif bersama pacar selama Ramadan. Kamu dan dia bisa mengadakan buka bersama di sekolah atau di masjid atau juga bisa mengadakan tadarus bersama usai tarawih. Kegiatan itu bisa dilakukan secara bersama-sama dengan pacar dan akan terasa seperti pacaran tapi, tidak pegangan tangan.

5. Atur jadwal bertemu

Selama bulan puasa, cobalah untuk tidak terlalu sering bertemu dengan pacar. Atur jadwal untuk bertemu, agar kalian tidak terjebak dalam kemesraan pacaran yang tidak disengaja. Kamu masih bisa melihat pacar saat shalat tarawih dan juga tadarus kan? Jadi, jangan terlalu sering ajak pacar ketemu untuk berduaan.

Hal terpenting yang harus kamu ingat adalah tidak boleh bermesraan seperti, pelukan, ciuman, pegangan tangan atau hal lain yang berhubungan dengan fisik yang bisa menimbulkan hawa nafsu. Karena semua itu adalah hal yang dilarang dalam agama Islam.

Dengan menjalankan semua cara di atas, kamu tidak perlu khawatir puasa akan batal atau hubungan jadi rusak. Karena kenyataannya cara-cara di atas justru akan membawa kamu dan pacar ke sikap yang lebih dewasa lagi. (YG)