Hal yang Perlu Dilakukan Jika Anak Sudah Kenal Masturbasi

by
July 24th, 2012 at 1:52 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orangtua akan bereaksi panik atau kaget saat mengetahui anaknya sudah kenal masturbasi. Bahkan, ada beberapa orang tua yang langsung memarahi anak agar tidak melakukan masturbasi lagi. Apakah ini cara yang benar?

Panik atau kaget saat mengetahui anak sudah kenal masturbasi memang wajar. Tapi, jika Anda sampai memarahi atau bahkan melakukan kekerasan pada anak untuk memberikan efek jera itu salah. Karena sejatinya pasti ada penyebab anak melakukan masturbasi.

Tugas Anda sebagai orangtua adalah sebagai berikut:

1. Memahami penyebabnya

Perlu diketahui, penyebab masturbasi adalah libido yang meningkat. Saat anak masuk masa puber, organ reproduksinya matang sehingga libido meningkat dan tanpa disadari perhatiannya terfokus pada alat kelamin dan fungsinya. Anda bisa mencegah masturbasi dengan memberikan pemahaman mengenai dunia seks.

2. Tetap tenang dan beri arahan

Marah atau panik hanya akan membuat anak jadi kebingungan dan bisa saja memberikan konsep yang keliru tentang seks. Usahakan untuk tetap tenang dan tanyakan sudah berapa lama anak melakukan masturbasi. Jangan marah, agar anak mau jujur kepada Anda. Jika sudah terlalu sering segera lakukan pengawasan dan minta anak untuk berhenti melakukan hal itu lagi.

3. Ajak anak berbicara

Jelaskan pada anak mengenai apa yang terjadi di dalam tubuhnya. Berikan dia penjelasan agar dia tidak mencari tahu sendirian. Berikan anak pemahaman tentang betapa berharga tubuhnya karena merupakan anugerah yang luar biasa, sehingga harus lebih berhati-hati menjaga dirinya.

4. Berikan anak kegiatan

Masturbasi bisa muncul karena anak merasa bosan karena tidak ada kegiatan. Untuk mencegah hal itu jadi kebiasaan, maka Anda harus membuat anak tetap sibuk. Saat di rumah usahakan untuk ajak anak mengobrol atau bermain bersama. Ini akan membuat anak sibuk dan lupa dengan keinginan seksnya.

5. Awasi pergaulannya

Selain karena rasa bosan dan stres, anak juga bisa masturbasi karena menonton video porno. Itulah sebabnya Anda sebagai orangtua wajib mengawasi pergaulan anak. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek ponsel atau komputer dan laptopnya.

Menurut Psikolog Seksual Zoya Amirin, utamakan komunikasi dengan ayah jika anak adalah laki-laki. Dan komunikasikan masalah seks kepada ibu jika anak perempuan. Mungkin anak akan merasa malu, jadi Anda yang harus menawarkan diri untuk jadi teman curhatnya. (YG)

Comment di sini