Inilah Keuntungan Menyusui Bagi Para Ibu

by
July 24th, 2012 at 2:14 pm

CiriCara.com – Menyusui memiliki beragam keuntungan yang dapat dirasakan oleh si bayi dan ibu. Banyak ibu yang menolak menyusui bayinya dengan berbagai alasan seperti takut menganggu bentuk payudara yang akhirnya akan menganggu penampilan. Mitos yang belum tentu benar ini seharusnya tidak mencegah ibu memberikan ASI pada buah hati karena manfaat yang diberikan sangat besar.

1. Mengurangi risiko kanker

Selama menyusui, hormon estrogen dalam tubuh menurun sehingga risiko kedua kanker ini juga ikut menurun. Hormon ini merangsang dinding rahim dan payudara saat hormon berkurang, rangsangan juga berkurang sehingga kecil kemungkinan terjadi kanker.

Ibu yang menyusui berhasil menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara hingga 25 persen. Semakin panjang durasi menyusui pada anak maka pengurangan tingkat risiko juga semakin besar. Berarti menyusui anak hingga berusia dua tahun bisa menjadi pilihan yang baik.

2. Mengurangi terjadinya osteoporosis

Para ibu yang tidak menyusui bayinya memiliki risiko terkena osteoporosis empat kali lebih besar daripada para ibu yang menyusui. Mereka yang tidak menyusui memiliki kemungkinan patah tulang pinggul lebih besar saat menopause.

3. Menurunkan berat badan

Pada masa kehamilan biasanya para calon ibu mengalami kenaikan berat badan. Untuk menurunkan berat badan biasanya membutuhkan usaha yang besar, menyusui akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat daripada mereka yang tidak menyusui.

4. Sebagai KB alami

Menyusui mengakibatkan terjadinya penundaan masa ovulasi yang mengakibatkan ketidaksuburan ibu sementara waktu. Kembalinya masa subur ibu tergantung pada kondisi fisik dan pola menyusui.

5. Memperbaiki kesehatan emosional

Ibu menyusui tidak terlalu menampakkan gejala depresi postpartum dan kecemasan. Gejala seperti ini cenderung muncul pada ibu-ibu yang memberikan susu formula. Hal ini membuktikan bahwa menyusui ternyata memberikan efek yang positif bagi kondisi emosional.

6. Lebih irit

Memberikan susu formula bagi bayi bisa menghabiskan dana jutaan rupiah setiap bulannya tergantung dari jenis susu formula yang dibeli. Saat memberikan ASI, ibu malah tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyusui.

7. Lebih hemat waktu

Saat memberikan ASI tidak perlu lagi menyiapkan botol dan mempersiapkan susu. Kapanpun anak membutuhkan, ASI bisa langsung diberikan oleh ibu.

Itulah keuntungan yang didapat oleh ibu bila mereka bersedia menyusui bayinya. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil oleh ibu dan anak, alangkah baiknya bila ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan ASI pada sang buah hati. (GT)

Comment di sini