Inilah Manfaat Salat Tarawih untuk Kesehatan

by
July 24th, 2012 at 2:51 pm

CiriCara.com – Selain menjalankan ibadah puasa, umat muslim juga akan melaksanakan ibadah salat Tarawih pada malam hari. Salat ini dikerjakan usai melaksanakan salat Isya dan biasa disebut sebagai pengganti salat Tahajud.

Menurut Dr Ibrahim B. Syed, Ph, D, profesor kedokteran klinis dari University of Louisville School of Medicine mengungkapkan manfaat Tarawih. Dimana salat yang jumlahnya lebih dari empat rakaat ini mempunya manfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat salat Tarawih untuk kesehatan seperti diungkapkan dr. Ibrahim:

1. Menjaga kebugaran fisik

Salat Tarawih mampu meningkatkan daya tahan, stamina, fleksibilitas dan kekuaran tubuh. Salat Tarawih menghasilkan efek yang sama seperti ketika olahraga jogging atau berjalan, namun tanpa efek samping. Jadi salat Tarawih akan membawa Anda pada kebugaran fisik yang baik.

2. Baik untuk tubuh lansia

Orang yang sudah lanjut usia (lansia) cenderung sering mengalami gangguan pada tubuh berupa pegal dan bahkan pengeroposan tulang (osteoporosis). Gangguan ini bisa dicegah melalui salat Tarawih. Kekuatan otot, tendon, fleksibilitas sendi dan respon kardiovaskular bisa meningkat karena melakukan gerakan salat secara berulang.

3. Membantu program diet

Makanan saat berbuka puasa dan sahur sangat berpotensi meningkatkan berat badan seseorang. Tapi, hal itu bisa dicegah dengan melaksanakan salat Tarawih sesudah makan saat buka puasa. Melaksanakan salat Tarawih bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, jadi berat badan bisa tetap terjaga.

4. Menenangkan hati dan perasaan

Salat sejatinya mirip dengan olahraga yang bisa meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Dengan salat Tarawih dan melafalkan do’a serta ayat suci Al-Quran akan memicu relaksasi yang bisa menurunkan tekanan darah, tingkat pernapasan dan denyut jantung. Sehingga hati akan terasa lega dan lebih tenang.

5. Menghindarkan stres pikiran

Gerakan sujud yang dilakukan berulang kali saat salat Tarawih akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Semakin banyak oksigen, maka otak akan terasa segar dan tidak akan terserang stres. Jika Anda sedang stres karena pekerjaan, maka salatlah agar bisa mendapat petunjuk dan juga kesehatan.

Jika sudah tahu bahwa salat Tarawih itu bermanfaat untuk kesehatan, kita tidak boleh malas dalam melaksanakan ibadah sunnah ini. Selain bisa mendapatkan pahala, ternyata salat Tarawih juga bisa mendatangkan kesehatan untuk tubuh kita. (YG)

Comment di sini