Nostalgia! 8 Permainan Zaman Dulu yang Populer

CiriCara.com – Seiring dengan kemajuan teknologi, beberapa permainan tradisional zaman dulu mulai tergusur. Anak-anak sekarang lebih suka main ke warnet untuk bermain Facebook dan game online daripada bermain permainan tradisional yang lengendaris.

Untuk kembali mengingatkan kenangan masa lalu (nostalgia), tidak ada salahnya jika kita bahas masalah permainan zaman dulu. Siapa tahu nanti kamu tertarik untuk mengajari anak atau keponakan betapa serunya permainan tradisional zaman dulu ini.

Berikut 8 permainan zaman dulu yang populer dan melegenda:

1. Taplak gunung


Permainan ini sering dimainkan anak cewek, namun terkadang anak cowok juga suka ikutan. Permainan taplak gunung membutuhkan dua pemain, tapi jika ada lebih juga bisa. Inti dari permainan ini adalah siapa yang bisa menempatkan batunya di posisi paling atas dia pemenangnya. Kunci permainan ini adalah keseimbangan dan kekuatan kaki, karena semua pemain hanya boleh menggunakan satu kaki untuk melompat ke kotak berikutnya.

2. Gasing

Gasing atau sering disebut panggalan adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan keseimbangan pada satu titik. Gasing ini merupakan mainan tertua dan terus mengalami perubahan. Di zaman sekarang gasing muncul di permainan beyblade yang intinya sama dengan gasing tradisional.

3. Kelereng
 

Permainan kelereng sangat favorit untuk anak cowok pada masa dulu. Permainan kelereng sendiri bisa dimainkan dengan 2 sistem yakni, kompetisi dan hukuman. Kompetisi, mereka yang kalah akan kehilangan kelerengnya. Sementara hukuman, mereka yang kalah akan dihukum oleh pemenang. Biasanya hukumannya berupa dijatuhi kelereng pada tangannya.

4. Layangan
 

Layangan juga merupakan permainan favorit anak cowok saat musim berangin. Dulu, layangan lebih sering bersaing di kompetisi adu tinggi. Tapi, sekarang layangan juga bisa diadu kuat melalui benangnya dan juga adu indah dari bentuknya. Efek samping bermain layangan adalah lupa makan, kulit hitam dan rambut jadi kusam mirip bule.

5. Petak umpet
 

Petak umpet sejatinya masih ada di zaman sekarang, namun sudah sangat jarang yang memainkannya. Permainan ini hanya membutuhkan minimal 2 orang, dimana satu jadi pencari sekaligus penjaga markas dan yang satu ngumpet. Permainan petak umpet bisa tambah seru jika pesertanya semakin banyak.

6. Ular naga
 

Ular naga adalah permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar ruangan pada waktu sore dan malam hari (agar tidak panas). Jumlah pemain minimal adalah 5 orang, tapi lebih banyak lebih seru. Para pemain akan diminta untuk bergandengan seperti ular yang panjang.

7. Congklak
 

Congklak adalah permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di setiap wilayah seluruh Indonesia. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. Siapa yang paling banyak mendapatkan biji congklak akan dinobatkan sebagai pemenang.

8. Bola bekel
 

Bola bekel umunya dimainkan oleh anak cewek, tapi anak cowok juga bisa memainkannya. Sistem bermain bola bekel ini adalah per level yang masing-masing punya tingkat kesulitan tersendiri. Permainan ini sangat mengandalkan kecepatan tangan dan konsentrasi tinggi.

Itulah permainan-permainan tradisional yang melegenda dan sangat populer pada zaman dulu. Bahkan, ada beberapa permainan yang masih bertahan hingga sekarang. Permanan mana yang kamu paling suka? (YG)


comments powered by Disqus