Pembicaraan Damai Apple & Samsung Berakhir Buntu

by
July 24th, 2012 at 4:43 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Di tengah pasar smartphone dan tablet yang terus meningkat, Samsung dan Apple kian giat menuntut satu sama lain. Mereka terlibat perang paten yang– menurut mereka– menentukan siapa yang paling unggul. Sementara, beberapa hakim merasa enggan untuk mengeluarkan perintah atas paten tersebut. 

Karena itu, atas perintah pengadilan Amerika Serikat (AS), CEO Apple Tim Cook menemui Senior Eksekutif Samsung. Cook melakukan proses mediasi dengan wakil dari Samsung yaitu Choi Gee-sung dan Shin Jong-Kyun di sebuah tempat di San Fransisco. Pertemuan yang dilakukan pada Senin (23/7) tersebut membahas apakah kedua pihak bisa mengatasi perselisihan yang tengah berlangsung di antara mereka.

Namun, pertemuan tersebut berakhir dengan perbedaan pendapat mengenai posisi tawar terhadap properti intelektual masing-masing perusahaan. Paten yang menjadi sumber selisih paham adalah paten Samsung yang telah disetujui untuk diberikan kepada kompetitor dengan persyaratan yang adil dan wajar. Sebagai gantinya, teknologi tersebut dijadikan sebagai standar yang dgunakan dalam industri, seperti 3G.

Apple merasa bahwa paten Samsung tersebut harus dinilai lebih rendah. Sedangkan Samsung berpendapat nilai teknologi mereka bakal jauh lebih berharga karena akan segera berkembang menjadi 4G. Sebuah persidangan dengan taruhan besar akan segera dilaksanakan pada 30 Juli nanti di Silicon Valey, San Jose. Meskipun kemungkinan penyelesaian selalu ada, seorang sumber mengatakan sepertinya tidak akan selesai melalui pengadilan.

Sementara itu, kedua perusahaan menolak memberikan komentar terkait pertemuan mereka yang berujung buntu. Bagaimana kelanjutannya? kita tunggu hasil sidang mereka 30 Juli mendatang. (dd)

Comment di sini