RA Kosasih, Tokoh Komik Indonesia Meninggal Dunia

by
July 24th, 2012 at 10:37 am

Jakarta (CiriCara.com)Raden Ahmad Kosasih (RA Kosasih) yang merupakan tokoh komik Indonesia meninggal dunia pada Selasa 24 Juli 2012, pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Beliau meninggal di rumahnya, Jalan Cempaka Putih III No. 2, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

Putri almarhum, Yudowati menjelaskan bahwa ayahnya, RA Kosasih meninggal dikarenakan terkena serangan jantung. “Bapak meninggal jam 1 malam tadi, jatuh terkena serangan jantung,” kata Yudowati di rumah duka, seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/7/2012).

Menurut Yudowati, jenazah almarhum akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir berdekatan dengan makam istrinya. Prosesi pemakaman akan dilakukan pada pukul 12.30 WIB siang nanti.

Almarhum pergi meninggalkan seorang putri, seorang menantu, dan seorang cucu. Kini jenazah almarhum masih berada di rumahnya.

Almarhum RA Kosasih dikenal sebagai tokoh dunia komik Indonesia dengan berbagai karyanya yang terkenal di masyarakat. Beliau lahir pada 4 April 1919 di Bogor, Jawa Barat dan tutup usia pada 24 Juli 2012 hari ini.

Beberapa karya almarhum RA Kosasi yang terkenal adalah serial Sri Asih, komik berjenis superhero dan Mahabharat dan Ramayana yang mengangkat kisah dari Hindu ke dalam bentuk komik.

Almarhum RA Kosasih memulai kariernya pada penerbit Melodi di Bandung. Namun, karya-karyanya yang terkenal diterbitkan oleh Maranatha. Beberapa karnyanya ada yang diterbitkan ulang oleh Alex Media Komputindo dan Paramita di Surabaya pada tahun 90-an. (YG)

Comment di sini