Wajib Militer Akan Diberlakukan Tahun Ini?

by
July 24th, 2012 at 1:57 pm

STRDEL/AFP/GettyImages

Jakarta (CiriCara.com) - Rencana pemerintah untuk memberlakukan wajib militer semakin dekat dengan kenyataan. Setelah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) pada 2004 dan masuk kategori prioritas pada 2010, kini Kementerian Pertahanan menilai bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) tersebut amat mendesak untuk disahkan tahun ini.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Hartind Asrin mengatakan bahwa RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara sangat dibutuhkan untuk disahkan agar dapat meningkatkan nasionalisme masyarakat serta keamanan negara. RUU tersebut mengatur tentang bagaimana rakyat sipil akan dipersiapkan untuk mendapatkan pelatihan militer agar sewaktu-waktu dibutuhkan oleh negara maka mereka akan siap untuk dikerahkan dan dimobilisasi untuk memperkuat pertahanan negara.

Dalam penerapan hal serupa, Indonesia masih tertinggal jauh dari negara tetangga Singapura dan Malaysia. di Malaysia, ada Program Latihan Khidmat Negara (PLKN) di mana 18 ribu warga Malaysia ikut serta dalam program tersebut. “Dibandingkan Malaysia dan Singapura, kita sangat ketinggalan,” ujar Hartind seperti dikutip dari Tempo, Minggu 22 Juli 2012. Ia juga menambahkan bahwa program tersebut akan meningkatkan kemampuan warga untuk membela diri jika terjadi kejahatan di sekitarnya.

Dalam pelatihan militer yang akan dilaksanakan selama sebulan tersebut, setiap warga Indonesia nantinya akan mendapat kemampuan dasar militer seperti baris-berbaris dan bela diri. Mereka juga akan mendapat materi yang diharapkan mampu meningkatkan perasaan nasionalisme seperti Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Sumpah Pemuda.

Rencana pengesahan RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negera tersebut kini tengah digodok oleh Kementerian Pertahanan bersamaan dengan DPR. Mereka sedang membahas masalah-masalah teknis yang mampu mendukung tercapainya tujuan RUU tersebut. (dd)

Comment di sini