7 Kebiasaan yang Dapat Merusak Sel Otak

by
July 25th, 2012 at 1:29 pm

CiriCara.comOtak adalah organ paling penting pada sistem tubuh manusia. Organ ini berfungsi sebagai pengatur sistem kerja seluruh organ yang ada dalam tubuh manusia termasuk organ gerak.

Untuk itu, kamu harus perhatikan dan jaga kesehatan otakmu baik-baik jika tidak ingin mengalami penyakit yang dapat mengganggu seluruh kerja tubuhmu hingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa lagi.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang harus kamu hindari agar otakmu tidak mengalami kerusakan.

1. Tidak pernah sarapan

Bagi kamu yang selama ini selalu malas untuk sarapan, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk sarapan sebelum beraktivitas. Tidak sarapan hanya akan membahayakan tubuhmu sendiri. Jangan suka menggabungkan sarapan dengan makan siangmu. Makan di pagi hari adalah hal yang mutlak untuk dilakukan, karena asupan makanan yang kamu santap di pagi hari akan memberikan nutrisi pada otak sehingga sel-sel otak dapat beregenerasi dengan sempurna.

2. Makan terlalu banyak

Selain dapat menimbulkan obesitas, makan berlebih juga dapat menimbulkan efek samping pada otakmu. Hal itu dapat mengakibatkan kerja pembuluh darah pada otak terlalu berat sehingga mengurangi masa hidup sel-sel pembuluh darah otak, yang akan berakibat pula pada kekuatan otak kamu untuk berpikir.

3. Terlalu banyak tidur

Ketidak-teraturan jam tidurmu juga akan mengakibatkan organ-organ tubuh menjadi lemah, khususnya otak. Terlalu sedikit tidur membuat otak kekurangan oksigen sehingga menghambat pembelahan sel-selnya, sedangkan terlalu banyak tidur justru akan membuat sel-sel otak kamu mati. Hal inilah yang menyebabkan orang menjadi lemas setelah tidur dalam waktu yang cukup lama.

4. Polusi udara

Pada dasarnya, otak membutuhkan oksigen yang banyak. Jadi, jika kamu selalu berada di tempat yang tercemar polusi, maka hal itu akan mengurangi asupan oksigen yang dapat diterima oleh otak. Ada baiknya, jika kamu sesekali melakukan penyegaran dengan berlibur ke daerah yang masih segar udaranya.

5. Kebiasaan merokok

Tentu sudah tidak asing kalau rokok dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Ternyata bukan hanya kesehatan jantung yang dipertaruhkan jika kamu merokok. Rokok juga dapat menurunkan fungsi otakmu karena sel-selnya banyak yang mati akibat racun yang kamu hirup dan masuk ke dalam otak.

6. Tidur dengan kepala tertutup

Jika kamu tidur dengan menutup bagian kepala dan wajah, maka karbondioksida dari hasil pernapasan akan terhirup kembali ke dalam otak. Hal ini akan menyebabkan otak kekurangan oksigen.

7. Kurang aktivitas stimulasi

Agar sel-sel otakmu dapat terus berkembang, maka kamu juga membutuhkan aktivitas-aktivitas yang dapat menstimulasi sel-sel otak. Jangan pernah malas untuk berpikir. Semakin sering otakmu diajak untuk berpikir, maka sel-sel dalam otak tidak akan mengalami kemunduran, melainkan akan semakin terhubung satu dengan yang lainnya.

Itulah 7 kebiasaan yang harus dihindari agar otakmu tetap sehat dan sel-sel di dalamnya tidak mengalami kemunduran. (YK)

Comment di sini