CiriCara: Cara Mencegah Bau Kaki

by
July 25th, 2012 at 4:36 pm

CiriCara.com – Tidak ada hal yang paling mengganggu seperti bau kaki. Bau kaki membuat segala acara yang Anda datangi menjadi tidak nyaman dan kacau. Saat bau kaki muncul, bau tersebut akan menempel bukan hanya pada kaki tapi juga pada alas kaki yang sedang dipakai. Memiliki bau kaki juga berpengaruh pada kepercayaan diri.

Perhatikan cara-cara mencegah bau kaki di bawah ini:

1. Jaga agar tetap kering

Salah satu cara agar kaki tidak bau adalah dengan menjaganya tetap kering. Keringkan dengan handuk kaki khususnya pada bagian di sela-sela jari kaki. Gunakan bedak anti jamur untuk mencegah munculnya jamur penyebab bau kaki.

2. Gunakan deodoran kaki

Menggunakan sepatu tanpa kaus kaki ternyata dapat memicu munculnya bau kaki. Hal ini disebabkan karena saat kaki berkeringat, tidak ada yang menyerap sehingga keringat pun terperangkap di antara jari-jari. Oleh karena itu gunakan deodoran kaki untuk mencegah agar kaki tidak berkeringat.

3. Gunakan bedak bayi

Anda bisa menggunakan bedak bayi atau bedak yang bisa menyerap keringat dan bau di dalam sepatu sebelum dan sesudah Anda memakainya. Hindari meletakkan sepatu ditempat yang gelap dan lembap, sepatu juga perlu diangin-anginkan untuk menghilangkan potensi bau.

4. Hilangkan bau dengan alcohol

Saat kaki sudah terlanjur bau, hilangkan dengan alcohol. Rendam kapas dengan larutan alcohol atau vodka kemudian oleskan pada kaki yang bau. Alkohol dapat membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan bau. Alkohol juga akan membuat kaki kering sehingga jamur tidak akan muncul lagi.

5. Berkonsultasi dengan dokter

Ada juga orang yang memang memiliki produksi keringat berlebih sehingga cara-cara di atas tidak terlalu efektif. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep yang tepat bagi kondisi kaki Anda. Biasanya dokter akan memberikan roll on khusus untuk kaki dan ini jelas berbeda dengan deodoran ketiak.

Apabila kaki sudah tidak bau lagi, tentu saja Anda akan jadi lebih percaya diri apabila diundang ke sebuah pesta yang mengharuskan Anda melepas sepatu. (GT)

Comment di sini