Inilah 10 Perusahaan Minyak Terbesar di Dunia

by
July 25th, 2012 at 5:00 pm

Ilustrasi

CiriCara.com – Minyak menjadi bahan bakar yang paling mahal di dunia. Hampir semua perusahaan yang bergerak dalam sumber daya bumi ini akan mendapatkan penghasilan yang besar. Tak heran, jika perusahaan minyak menjadi investasi yang menjanjikan.

Baru-baru ini majalah Forbes telah merilis daftar 10 perusahaan minyak terbesar di dunia. Banyak sekali orang yang bermimpi untuk bisa bergabung dengan perusahaan ini. Lalu perusahaan apa saja yang terbesar?

Berikut 10 perusahaan minyak terbesar di dunia versi Forbes:

1. Saudi Aramco

Perusahaan minyak ini mampu menghasilkan minyak bumi sebanyak 12,5 juta barel per hari. Perusahaan minyak Saudi Aramco berada di Saudi Arabia. Wajar saja bisa menghasilkan banyak minyak karena daerah Timur Tengah memang kaya akan minyak bumi.

2. Gazprom

Perusahaan minyak ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 9,7 juta barel per hari. Kantor perusahaan ini terletak di Distrik Cheryomushki, Moskow, Rusia. Perusahaan ini juga sering disebut sebagai perusahaan gas alam terbesar dunia.

3. National Itanian Oil Co.

Perusahaan minyak ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 6,4 juta barel per hari. Perusahaan ini merupakan perusahaan pemerintah yang diatur oleh Menteri Perminyakan Iran. Pusat kantornya berada di Teheran, Iran.

4. ExxonMobil

ExxonMobil adalah perusahaan minyak multinasional Amerika dan perusahaan gas. Perusahaan ExxonMobil mampu menghasilkan minyak bumi sebanyak 5,3 juta barel per hari.

5. PetroChina

PetroChina adalah perusahaan minyak China yang berkantor pusat di Dongcheng, Beijing, China. Perusahaan ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 4,4 juta barel per hari.

6. British Petroleum (BP)

British Petroleum adalah perusahaan minyak multinasional di Inggris. Kantor pusat perusahaan ini berada di London, Inggris. Perusahaan ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 4,1 juta barel per hari.

7. Royal Dutch Shell

Royal Dutch Shell adalah perusahaan minyak kerjasama antara Inggris dan Belanda. Kantor pusat perusahaan minyak ini berada di Kota Den Haag, Belanda. Perusahaan ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 3,9 juta barel per hari.

8. Pemex

Pemex adalah perusahaan minyak milik negara Meksiko dengan nilai aset mencapai lebih dari 400 miliar dolar Amerika. Perusahaan ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 3,6 juta barel per hari.

9. Chevron Corporation

Chevron Corporation adalah perusahaan minyak Amerika yang bergerak dalam bidang multinasional. Kantor pusat Chevron ada di San Ramon, California, Amerika Serikat. Perusahaan Chevron mampu memproduksi minyak sebanyak 3,5 juta barel per hari.

10. Kuwait Petroleum Corp.

Kuwait Petroleum Corp. adalah perusahaan minyak nasional milik Kuwait. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 27 Januari 1980, sebagai perusahaan pembantu KOC, KNPC, KOTC, dan PIC. Perusahaan ini mampu memproduksi minyak sebanyak 3,2 juta barel per hari.

Itulah perusahaan-perusahaan minyak terbesar di dunia versi majalah Forbes. Jika produksi minyak dari 10 perusahaan besar tersebut terganggu, maka harga minyak dunia akan naik. (YG)

Comment di sini