Inilah 9 Nama Lain Ramadan dari Para Ulama

by
July 25th, 2012 at 1:45 pm

CiriCara.com – Umat Islam diseluruh dunia akan bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Selain mewajibkan untuk berpuasa, bulan Ramadan juga memberikan kesempatan kepada muslim untuk meraih pahala berlipat ganda.

Bulan Ramadan mempunya banyak sekali kelebihan dari bulan-bulan yang lain. Karena punya beberapa kelebihan dan manfaat, Ramadan sering disebut dengan nama-nama lain. Berikut nama lain Ramadan dari para ulama:

1. Syahr al-Qur’an (bulan Alquran)

Bulan Ramadan bisa disebut sebagai syahr Al-Qur’an karena pada bulan inilah kitab suci Alquran diturunkan. Kitab Zabur, Taurat, dan Injil juga diturunkan pada bulan Ramadan.

2. Syahr al-Shiyam (bulan puasa wajib)

Bulan Ramadan juga bisa disebut sebagai bulan puasa wajib. Setiap kali Ramadan datang semua umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

3. Syahr al-Tilawah (bulan membaca Alquran)

Bulan Ramadan juga bisa disebut sebagai bulan membaca Alquran. Menurut sejarah, pada bulan ini Jibril AS menemui Nabi Muhammad SAW untuk melakukan tadarus (membaca) Alquran bersama dari awal hingga akhir. Selain itu, di bulan Ramadan juga banyak umat yang tadarus usai Tarawih.

4. Syahr al-Rahmah (bulan penuh rahmat dari Allah SWT)

Pada bulan Ramadan, para ulama menjelaskan bahwa Alla SWT akan memberikan rahmat berlimpah kepada mereka yang berpuasa. Bahkan pintu surga saat Ramadan dibuka untuk mereka yang berpuasa.

5. Syahr al-Najat (bulan pembebsan dari siksa neraka)

Saat Ramadan, Allah menjanjikan pengampunan dosa-dosa dan pembebasan diri dari siksa api neraka bagi yang berpuasa karena iman kepada-Nya.

6. Syahr al-Judd (bulan kedermawanan)

Karena pada bulan Ramadan umat muslim berlomba-lomba dalam beramal dan bersedekah. Harta yang dibagikan saat bulan Ramadan akan dilipatkan gandakan oleh Allah SWT, bagi yang ikhlas.

7. Syahr al-Shabr (bulan kesabaran)

Bulan Ramadan bisa disebut bulan kesabaran karena pada bulan ini semua umat muslim akan diuji kesabarannya. Menahan nafsu, makan, dan minum juga termasuk pelatihan sabar umat muslim.

8. Syahr Allah (bulan Allah)

Bulan Ramadan bisa disebut bulan Allah karena pada bulan ini, Allah akan dekat dengan mereka yang beribadah dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Allah juga berjanji akan melipatgandakan pahala umat Islam yang berpuasa dengan ikhlas.

9. Syahr al-’Id (bulan hari raya)

Bulan Ramadan adalah bulan yang berakhir dengan hari raya Idul Fitri, itulah sebabnya disebut Syahr al-’Id. Dimana di hari raya ini umat Islam disebut mendapatkan kemenangan (pahala).

Ramadan adalah bulan yang penuh dengan makna dan akan berakhir pada satu kemenangan yang Fitri (suci). Jadi, janganlah Anda merasa berat untuk menjalankan ibadah puasa, karena sebenarnya Anda sedang disucikan dari dosa. (YG)

Comment di sini