Takut Malware, Apple Gabung Konferensi Black Hat

by
July 25th, 2012 at 2:27 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Untuk pertama kalinya, Apple memutuskan untuk menghadiri Black Hat, sebuah konferensi keamanan komputer yang digelar di Las Vegas. Dallas De Atley, pemimpin dari tim yang bertanggung jawab atas keamanan iOS, mengatakan bahwa kedatangan Apple ke konferensi tersebut untuk membicarakan teknologi keamanan yang penting bagi iOS.

Keputusan mereka untuk datang ke konferensi tersebut dinilai sebagai sebuah langkah besar yang menunjukkan bahwa Apple menyadari bahwa operating system mereka mulai rapuh dan akan sangat berguna bagi mereka untuk bergabung dengan komunitas yang memang bertujuan untuk mengatasi kerapuhan tersebut.

Sepertinya keputusan tersebut berkaitan dengan keberhasilan sebuah malware menyusup ke dalam Apple Apps Store dengan menyamar sebagai aplikasi bernama “Find and Call”. Malware tersebut akan membuat smartphone korbannya mengirimkan pesan ke orang-orang yang ada di dalam daftar kontak mereka.

Konferensi Black Hat sendiri telah berjalan selama 15 tahun. Konferensi tersebut mempertemukan para pemikir dan ahli dari berbagai segi yang berbeda terkait keamanan dunia informasi. Para ahli dari perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah, kalangan pelajar, hingga para peneliti yang bergerak di “bawah tanah”, semuanya bertemu untuk menentukan keamanan di masa yang akan datang. Dua pesaing berat Apple sudah terlebih dulu ambil peran dalam konferensi tersebut. ¬†Microsoft pertama kali mengikuti fonferensi Black Hat pada 1998 sedangkan raksasa Google mengikuti konferensi tersebut sejak 2010.

Sepertinya keamanan memang merupakan hal yang paling penting dalam dunia teknologi. Hal tersebut tergambar dari meningkatnya intensitas pergelaran Black Hat. Sejak pertama kali digelar di Las Vegas tahun 1997, konferensi yang awalnya dihelat sebagai satu event kini dibuat menjadi event yang digelar berseri di beberapa kota besar seperti Abu Dabhi, Barcelona, dan Washington DC. Kira-kira, kapan ya acara tersebut digelar di Jakarta? (dd)

Comment di sini