WALHI Ungkap Penyebab Banjir Bandang di Padang

by
July 25th, 2012 at 3:27 pm

FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra

Padang (CiriCara.com) – Banjir bandang yang menerjang kota Padang, Sumatera Barat pada Selasa, 24 Juli 2012 kemarin menyisakan tanda tanya besar. Pasalnya, intensitas hujan yang mengguyur Padang kemarin sore masih dalam tahap wajar. Lalu apa penyebabnya?

Manager Penanganan Bencana WALHI, Mukri menuturkan bahwa banjir bandang di Padang itu disebabkan karena adanya perubahan tanah yang mengalami degradasi. Kedalaman sungai yang mulai mendangkal juga disebut sebagai penyebab banjir bandang.

“Penyebab terjadinya banjir di Padang karena topografi hulu yang sudah mengalami degradasi. Selain itu bantaran sungai juga mengalami sendimentasi (pendangkalan),” kata Mukri seperti dikutip dari Okezone, Rabu (25/7/2012).

Lebih lanjut, Mukri menjelaskan bahwa banjir bandang disebabkan karena kerusakan hutan di Padang yang memicu munculnya erosi tanah. Akibatnya, tanah yang mengalami erosi ini menumpuk di bantaran sungai sehingga terjadi pendangkalan. Ditambah lagi sistem drainase air yang buruk karena tidak dikelola oleh Pemda Kota.

Berdasarkan informasi terbaru, banjir bandang yang terjadi pukul 18.30 WIB kemarin ini mengakibatkan lima lokasi terendam air bah. Lokasi tersebut antara lain, bantaran sungai Lubuk Kilangan, sungai Ujung Tanah, sungai Kurai Pangan, sungai Batang Anai, dan sungai Kuranji.

Menurut Mukri, seharusnya pemerintah daerah bisa lebih peduli dengan masalah drainase yang ada di Padang. Karena drainase yang buruk akan mengakibatkan banjir. Ia juga mengimbau seharusnya pihak BMKG bisa memberikan informasi kondisi cuaca kepada masyarakat setempat agar bisa mengantisipasi bencana.

Mukri menjelaskan bahwa informasi terkait bencana seharusnya terus dipantau, agar banjir bandang dadakan di Padang ini tidak terjadi di daerah lain. Menurutnya, pemerintah juga harus memberikan anggaran untuk wilayah yang memang dikategorikan rawan bencana alam.

Langkah tersebut, lanjut Mukri, bertujuan untuk mencegah adanya korban jiwa. Dan persiapan untuk penanggulangan bencana alam juga bisa dilakukan dengan sempurna serta cepat. (YG)

Comment di sini