Youtube Dorong Penggunanya Gunakan Identitas Asli

by
July 25th, 2012 at 11:21 am

Jakarta (CiriCara.com) - Selama ini, komentar-komentar di Youtube merupakan hal yang sangat bebas dan terkadang membacanya merupakan sesuatu yang bisa menyinggung perasaan. Mengingat betapa awanamanya para pengguna, hampir semua video di Youtube selalu dikelilingi oleh komentar-komentar yang sangat melecehkan.

Saking banyaknya komentar buruk di Youtube, hal tersebut membuat seseorang secara khusus membuat blog yang penuh dengan komentar-komentar buruk di Youtube, ada juga yang secara khusus membuat software yang mampu secara otomatis memblokir komentar yang tidak layak.

Tapi, sekarang Youtube telah mulai membudayakan para komentatornya untuk menggunakan nama sebenarnya. Langkah tersebut sudah dimulai sejak hampir satu bulan yang lalu ketika Youtube memberikan opsi untuk log in menggunakan profile Google + atau nama sesungguhnya, di samping memberi kepastian bahwa informasi-informasi tersebut tetap bersifat personal dan tidak bisa dilihat semua orang.

Ini bukan pertama kalinya Google– induk usaha Youtube– berusaha melawan anonimitas para penggunanya. Akhir tahun lalu mereka melarang penggunaan akun pseudonim di situs jejaring sosial mereka Google +, namun mereka mundur karena mendapat protes dari Electronic Frontier Foundation.

Tantangan yang dihadapi untuk mengimbangi antara kebebasan bersuara dan komentar-komentar yang tidak mengenakkan seperti yang dialami Rebecca Black. Remaja yang terkenal dari video berjudul “Friday” tersebut mendapat komentar yang menyebutkan bahwa lebih baik jika dirinya memotong lehernya dan mati. (dd)

Comment di sini