CiriCara: Cara Agar Tidak Dicurangi Teknisi Komputer

by
July 26th, 2012 at 5:03 pm

Jakarta (CiriCara.com) - Berapa persen dari pemilik komputer mengerti cara memperbaikinya? sepertinya sangat sedikit, terlebih jika kita sudah berbicara mengenai perangkat keras (hardware). Jika mengalami masalah mengenai hardware, biasanya pemilik komputer akan memercayakan teknisi untuk memperbaikinya.

Namun, tidak semua teknisi komputer memperbaiki komputer Anda dengan efisien. Tidak semua teknisi komputer baik, juga tidak semua teknisi komputer curang. Namun, untuk mencegah agar tidak dicurangi, ditipu, atau dimanfaatkan, ada baiknya Anda menyimak tips dari Kompasianer Gerry N Gardita berikut ini:

1. Jangan menyebutkan kerusakan

Misal Anda mengetahui dan cukup yakin bahwa bagian yang rusak dari komputer tersebut adalah memory/RAM-nya. Jangan sebutkan hasil analisa tersebut karena si teknisi tersebut akan langsung mengganti kerusakan yang Anda sebutkan. Jika ternyata komputer masih bermasalah, maka pemeriksaan akan merembet ke hal-hal lain. Sedangkan, Anda harus tetap membeli memory/RAM yang sudah diganti meskipun ternyata ternyata tidak bermasalah.

Sebaiknya Anda cukup menceritakan keluhan-keluhan yang dialami, agar tidak ada kesalahan saat menganalisa.

2. Meminta spare part yang telah diganti

Anggap saja power supply Anda rusak dan harus diganti. Belilah yang baru, tapi jangan lupa untuk meminta power supply yang lama untuk dibawa. Pertama, untuk memastikan bahwa memang terjadi penggantian spare part. Kedua, untuk mengurangi kemungkinan adanya pelanggan lain yang kemudian membeli komputer baru namun menggunakan power supply bekas Anda yang telah rusak

3. Terlihatlah sedikit mengerti

Terlihat mengerti atau paham akan komputer yang kita miliki bukan berarti kita menggurui dan sok tahu. Jika kita terlihat paham dan mengerti, ada kemungkinan teknisi akan berpikir dua kali sebelum berbuat curang. Jika bertingkah sok tahu dan menggurui, teknisi tidak akan segan-segan berbuat curang terhadap pelanggannya.

4. Perhatikan orisinalitas Windows Anda

Ada kalanya kerusakan tidak terjadi pada perangkat keras, namun menyerang perangkat lunak (software). Kerusakan yang umumnya disebabkan oleh virus, atau kesalahan saat mengoperasikan komputer. Jika hal ini terjadi pada komputer, maka hal terbaik yang dilakukan adalah dengan mem-format atau meng-install kembali komputer Anda.

Jika terdapat stiker seperti di gambar berikut ini di komputer atau laptop Anda, berarti perangkat tersebut menggunakan Windows yang orisinil dan sebaiknya, Anda meminta teknisi untuk meng-install windwos dengan versi yang sama dengan yang tertera di stiker tersebut. CD / Windows-nya tidak harus orisinil, bisa dengan CD / Windows bajakan karena nanti akan menggunakan serial number orisinil yang terdapat pada perangkat Anda.

5. Jangan asal terima beres

Cobalah untuk sedikit cerewet terhadap teknisi. Cerewet di sini bukan berarti Anda harus marah-marah dan bawel, maksudnya, tunjukkan bahwa Anda peduli dengan komputer Anda. Sedikit banyak bertanya kepada teknisi juga tidak sia-sia. Intinya, tunjukkan bahwa Anda memperhatikan atau boleh dibilang “waspada” terhadap hasil kerja si teknisi tersebut.

Meskipun Anda telah memiliki teknisi langganan, tidak ada salahnya tetap melakukan 5 langkah di atas untuk terhindar dari pemborosan. Sekian, semoga tips tersebut bermanfaat. (dd)

Comment di sini