CiriCara: Menghindari Nyeri Pergelangan Tangan Saat Menggunakan Komputer

by
July 26th, 2012 at 3:44 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Komputer dan Internet, dengan dua hal tersebut, kita bisa duduk di depan komputer hampir 24 jam. Berbagai aktivitas bisa kita lakukan, mulai dari yang produktif seperti bekerja, belajar, mengerjakan tugas, berbisnis, hingga kegiatan kontra produktif yang hanya diisi dengan bermain game atau exist di jejaring sosial.

Namun, kita seringkali tidak menyadari bahwa penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama tidak hanya berpotensi menyebabkan kerusakan pada mata, tetapi juga mengakibatkan kerusakan pada pergelangan tangan seperti terlihat pada gambar berikut:

JagatReview.com

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Jangan sampai anda menunggu hingga mengalami perasaan nyeri untuk mencegahnya. Berikut 5 cara menghindari nyeri pergelangan tangan saat beraktivitas menggunakan komputer seperti dikutip dari jagatreview.com:

1. Mouse pad yang empuk

Menggunakan mouse pad yang lebih empuk atau tebal mampu mengurangi benturan antara pergelangan tangan Anda dengan meja. Mousepad yang empuk juga akan terasa lebih nyaman untuk bertumpu.

2. Hindari Mouse yang terlalu kecil

Singkatnya, Tetikus (Mouse) yang terlalu kecil membuat tangan kita lebih banyak bergerak. Ditambah lagi dengan pegangan yang kecil membuat lengan dan jari lebih cepat lelah dalam menggunakannya.

3. Posisi duduk yang benar

Duduk dengan tegak dan pandangan lurus ke monitor sangat jarang dilakukan. Padahal, dengan cara tersebut, tubuh kita akan mengalami beban yang seimbang. Kebanyakan orang duduk miring dan santai sehingga beban tumpuan seringkali tertumpuk pada lengan dan bahu sehingga membuat pengguna komputer cepat merasa letih.

4. Keyboard dengan hand rest

Fungsinya sama dengan mouse pad yaitu mengurangi kontak langsung antara pergelangan tangan dengan meja komputer. Hanya saja, mouse pad melindungi pergelangan tangan kita pada saat meggunakan mouse, sedangkan keyboard dengan hand rest melindungi tangan ketika kita sedang menulis (tepatnya, mengetik).

5. Beristirahat

Meskipun sedang dikejar deadline, cobalah untuk memmberi diri Anda istirahat yang pantas. Beristirahat 5 atau 10 menit layak diterima tubuh. Jangan sampai mengalami nasib serupa dengan Chuang, Kaixiang, atau Shirley yang harus meregang nyawa karena terlalu lama di depan komputer tanpa makan, minum atau istirahat.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. (dd)

Comment di sini