Inilah Daftar 10 Maskot Paling Aneh

by
July 26th, 2012 at 12:32 pm

CiriCara.com – Ini adalah musim Olimpiade, seraya sedang berlangsungnya Olimpiade dan Paralimpiade di London, Inggris saat ini.

Dalam setiap Olimpiade dan perlombaan besar seperti itu, pasti ada maskot. Maskot adalah benda atau imej unik yang menyerupai sebuah boneka, hewan, atau obyek lainnya.

Maskot ini biasanya dijadikan sebagai penciri dari perlombaan tersebut. Para maskot ini pasti akan muncul di semua poster dan spanduk selama perlombaan besar tersebut berlangsung. Bahkan, medali dan piala kemenangan juga mengikut-sertakan maskot ini.

Namun, bagaimana jadinya jika maskot yang digunakan terlihat aneh? Inilah daftar maskot-maskot Olimpiade yang tergolong aneh.

1. Wenlock dan Mandeville

Ternyata maskot Olimpiade tahun 2012 juga termasuk dalam daftar maskot yang aneh. Sebenarnya maskot ini dirancang menyerupai tetesan bijih besi dengan kamera pada matanya. Tujuannya agar maskot itu melambangkan Revolusi Industri yang terjadi di Inggris.

2. Miga, Quatchi, dan Sumi

Ketiga maskot ini menjadi lambang Olimpiade pada musim semi tahun 2010, yang diselenggarakan di Vancouver, Kanada. Ide untuk membuat tiga karakter ini sebagai maskot Olimpiade disebabkan oleh banyaknya isu yang menyebutkan munculnya makhluk-makhluk mistis di daerah Kanada dan Barat Laut Amerika Serikat. Miga digambarkan sebagai beruang hibrid, Quatchi adalah big-foot yang melegenda di dataran Amerika, sedangkan Sumit adalah karakter yang menyerupai roh.

3. Fuwa

Ini adalah sekelompok maskot yang dinamai Fuwa sebagai maskot pada Olimpiade Beijing, China pada musim panas tahun 2008. Kelima maskot ini masing-masing bernama Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying, Nini. Kelima hewan yang menjadi maskot ini melambangkan kelima elemen Feng Shui. Sedangkan pilihan nama yang digunakan pada kelima maskot ini adalah “Beijing huan ying ni”, yang memiliki arti “Beijing menyambut kalian”.

4. Neve dan Gliz

Kedua maskot ini digunakan sebagai maskot Olimpiade 2006 yang diselenggarakan di Turin, Italia. Maskot ini melambangkan musim dingin. Kata “Neve” memiliki arti salju, sedangkan “Gliz” berarti es. Itulah sebabnya kepala Gliz digambarkan seperti es kubus.

5. Athena dan Phevos

Karena Olimpiade musim panas tahun 2004 diselenggarakan di Yunani, maskotnya pun menggunakan nama dewa di Yunani, yaitu Athena dan Phevos. Penggunaan nama tersebut ditujukan untuk menghormati dewa Zeus.

6. Izzy

Izzy adalah maskot aneh yang digunakan pada Olimpiade di Atlanta pada 1996. Sebenarnya maskot ini pertama kali diperkenalkan pada akhir berlangsungnya Olimpiade Barcelona tahun 1992 dengan nama “Whatizit”. Maskot yang dirancang oleh perusahaan desain bernama DESIGNefx ini menyerupai karakter berwarna biru dengan menggunakan sepatu tenis. Namun, tidak hanya wujudnya saja yang aneh, tapi maskot ini dibuat tanpa didasari ide serapan dari tradisi, nasionalisme dan kebudayaan di Amerika Serikat.

7. Hakon dan Kristin

Maskot ini digunakan pada Olimpiade musim dingin tahun 1994, yang diselenggarakan di Lillehammer, Norwegia. Maskot ini dibuat menyerupai kedua anak yang sedang mengenakan pakaian Viking. Sedangkan, kaum Viking adalah sejarah kelam bagi Norwegia karena kaum ini terkenal dengan kebrutalan dan kekejamannya. Seharusnya, maskot ini bisa digambarkan dengan mengenakan pakaian yang lain.

8. Magique

Ini adalah maskot untuk Olimpiade pada musim dingin tahun 1992 di Albertive, Prancis. Maskot ini juga tergolong aneh karena bentuknya yang dibuat menyerupai manusia setengah bintang. Hal ini dirasa sangat tidak mungkin dan hanya merepresentasikan mimpi dan imajinasi belaka.

9. Hidy dan Howdy

Maskot ini digambarkan untuk merepresentasikan keramahan Kanada Barat. Namun sayangnya, bulu pada kostum beruang besar ini tidak bagus, sehingga maskot ini terlihat menakutkan dan jelek.

10. Schneeman the Snowman

Ini adalah maskot untuk Olimpiade musim dingin pada 1976, di Innsbruck, Austria. Untuk menunjukan bahwa Olimpiade tersebut diadakan pada musim dingin, mereka membuat maskot yang menyerupai boneka salju. Akan tetapi, Schneeman the snowman ini lebih menyerupai maskot permen cokelat M&M.

Itulah daftar 10 maskot yang tidak diikuti dengan latar belakang ide pembuatan yang jelas sehingga banyak orang bingung dan mempertanyakan maksud dibalik dari bentuk maskot-maskot tersebut.

(YK)

List Verse

Comment di sini