Khusus Ramadan, Muslim Amerika Dapat Keringanan Jam Kerja

by
July 26th, 2012 at 10:59 am

Amerika (CiriCara.com) – Umat muslim di Amerika Serikat ternyata juga dapat keringan jam kerja selama bulan Ramadan. Dengan keringanan tersebut diharapkan para pekerja muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. Pasalnya, Ramadan tahun ini bertepatan dengan musim panas di Amerika.

Sebagian institusi, kantor, dan sekolah di Minnesota telah mengubah jam kerjanya agar umar muslim bisa menjalankan ibadah puasa. Beberapa kantor dan sekolah juga telah mengakomodasikan kebutuhan karyawan dan mahasiswa di bulan suci ini.

Karena tidak mengambil jam makan siang, sebagian kantor di Minnesota memperbolehkan karyawan muslim untuk pulang lebih awal. Sementara kantor lainnya mengizinkan karyawannya untuk datang terlambat dan memberikan waktu serta tempat untuk melaksanakan ibadah salat pada jam kantor.

Bahkan ada beberapa kantor yang sengaja menunda acara piknik tahunan, agar karyawan muslim bisa ikut serta. Nantinya acara piknik tahunan kantor akan diadakan setelah bulan Ramadan selesai.

Salah satu penduduk muslim Minnesota, Qureshi yang berprofesi sebagai dokter gigi mengaku mendapat perlakuan khusus dari klinik tempat prakteknya selama bulan Ramadan. Qureshi diberi keistimewaan boleh datang satu setengah jam terlambat dari jam biasanya, selama Ramadan.

Sedangkan Best Buy, salah satu ritel eletronik Amerika di Minnesota memberikan keringanan berupa datang terlambat dan pulang lebih cepat, sedangkan yang lainnya diberi kesempatan untuk bekerja dari rumah.

Ketua Islamic Resource Group di Minnesota, Zafar Siddiqui mengatakan, rintangan utama berpuasa di musim panas ini adalah bagaimana mengatur jam tidur dan istirahat, terutama bagi mereka yang bekerja di luar ruangan dan mengandalkan kekuatan fisik. Karena pada musim panas ini suhu udara sangat tinggi.

Pada musim panas ini, muslim Amerika yang tinggal di Minnesota akan berpuasa selama 16 jam setiap hari. Tidak hanya itu, waktu salat Tarawih juga bertepatan pada waktu tengah malam dan akan berlanjut ke makan sahur pada jam 3 dini hari. Itulah sebabnya waktu tidur pekerja muslim akan terganggu. (YG)

Comment di sini