Pemain Muda Arsenal Terlibat Kasus Rasisme

by
July 26th, 2012 at 10:16 am

London (CiriCara.com) – Pemain muda Arsenal, Emmanuel Frimpong nampaknya akan segera berurusan dengan pengadilan karena terjerat isu rasisme. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Selasa (24/7/2012) waktu setempat mendakwa Frimpong telah melakukan tindakan menyimpang.

Menurut FA, komentar Frimpong di situs jejaring sosial, Twitter sudah merupakan penyimpangan etnis dan agama atau biasa disebut rasisme. “Tuduhannya bahwa komentar Frimpong merupakan perilaku yang tidak benar dan atau termasuk referensi ke asal etnis, agama, atau ras,” pernyataan resmi FA, yang dilansir pada Rabu (25/7/2012).

Masalah ini berawal dari kesalahan Frimpong dalam mengomentari salah satu pengguna Twitter. Frimpong awalnya memposting kicauan pernyataan meminta doa kepada penggemarnya agar bisa berlaga dengan baik. Ia meminta semua orang untuk pergi ke gereja dan mendoakannya.

Namun, kicauan tersebut langsung mendapat respon negatif dari salah satu pengguna Twitter yang diduga merupakan pendukung Tottenham Hotspur, rival sekota Arsenal. “Kudoakan lengan dan kakimu patah,” itulah kicauan balasan dari penggemar Tottenham Hotspur untuk Frimpong.

Tidak terima dengan komentar tersebut, Frimpong yang masih berusia 20 tahun itu langsung membalasnya. Frimpong memposting balasan dengan menulis “Scum Yid” (istilah kasar untuk kaum Yahudi). Pasalnya, suporter Spurs mayoritas adalah kaum Yahudi.

Gara-gara kicauan tersebut, Frimpong langsung mendapat teguran dari Arsenal dan kemudian langsung menghapusnya. Meski sudah dihapus, ternyata kejadian itu sudah dikethaui oleh FA yang akhirnya menegurnya dengan tegas.

Frimpong akan diberi kesempatan hingga 27 Juli 2012, untuk memberikan tanggapannya terkait hal itu. Belum jelas sanksi apa yang akan diberikan kepada Emmanuel Frimpong jika terbukti bersalah. (YG)

Comment di sini