Perahu Firaun 5000 Tahun Silam, Ditemukan Arkeolog Prancis

by
July 26th, 2012 at 9:49 am

AFP/Getty images

Abu Rawash (CiriCara.com) – Ini adalah kabar baru bagi sejarah dunia. Para arkeolog dari Prancis berhasil menemukan perahu Firaun yang berumur 5.000 tahun. Perahu ini adalah perahu yang digunakan Firaun Den, salah satu raja pada Dinasti Pertama (First Dynasty).

Perahu yang memiliki panjang 6 meter dan lebarnya 1.5 meter ini ditemukan di daerah Abu Rawash, daerah sebelah Barat dari Kairo, Mesir.

Ternyata, beberapa kelompok arkeolog sudah melakukan penggalian di Abu Rawash ini sejak tahun 1900-an. Seperti pada 1945 silam, arkeolog dari Mesir berhasil menemukan perahu tenaga surya yang digunakan oleh Firaun Khufu dengan panjang yang mencapai 43 meter di piramida Giza.

AFP/Getty Images

Menurut kepercayaan Mesir kuno seperti yang dianut oleh para Firaun pada zaman itu, perahu tenaga surya ini harus dikuburkan dekat dengan kuburan Firaun, dengan demikian perahu ini dapat mengantar Firaun ke alam baka.

Mohammed Ibrahim, duta benda-benda antik dan bersejarah, yang ikut serta dalam penggalian ini berkata kalau perahu yang juga adalah perahu tenaga surya milik Firaun ini, masih dalam kondisi yang cukup baik. Rencananya, perahu kuno ini akan diperbaiki dan dibersihkan terlebih dahulu, sebelum dipajang di museum.

(YK)

Daily Mail

Comment di sini