Untuk Bukti, Korban Koperasi Langit Biru Diminta Melapor

by
July 26th, 2012 at 9:29 am

Inilah

Jakarta (CiriCara.com) – Pihak kepolisian telah berhasil menangkap pimpinan Koperasi Langit Biru pada Rabu (25/7/2012) sore kemarin. Guna untuk memperkuat bukti, korban Koperasi Langit Biru diminta untuk melapor ke pihak polisi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Komisaris Besar Boy Rafli Amar menjelaskan bahwa laporan korban penipuan berkedok koperasi ini akan dijadikan bukti penyidikan. Mengingat hingga saat ini laporan yang masuk masih sedikit.

“Laporan masyarakat yang mengalami kerugian mendukung fakta-fakta hukum yang dibutuhkan penyidik,” kata Boy kepada wartawan, Rabu (25/7/2012) kemarin.

Boy mengatakan, untuk sementara pihaknya baru menerima laporan dari empat orang yang menjadi korban penipuan Koperasi Langit Biru. Dari laporan keempat korban tersebut, jumlah total kerugian mencapai Rp 107 juta.

Menurut Boy, jumlah laporan tersebut masih sedikit dibanding dengan informasi jumlah nasabah Koperasi Langit Biru yang merugi. Berdasarkan data, ada sekitar 110 ribu anggota koperasi yang menginvestasikan uang hingga ratusan juta rupiah untuk koperasi penipu tersebut.

Sebelumnya, pimpinan Koperasi Langit Biru, Jaya Komara, telah berhasil ditangkap pada pukul 17.00 WIB kemarin. Bos koperasi penipu ini digrebek di Jalan Veteran, Purwakarta, Jawa Barat, ketika hendak buka puasa.

Polisi berhasil menyita sejumlah uang tunai milik nasabah sebesar R 41,716 juta dan sebuah telepon genggam. Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 12 lembar kuitansi bukti penerimaan uang dari nasabah yang tertipu.

Beberapa perlengkapan kantor Koperasi Langit Biru juga berhasil disita oleh polisi. Beberapa unit komputer, stempel, laporan keuangan, dan buku penerimaan uang kini sudah diamankan untuk dijadikan barang bukti penipuan.

Kini Jaya Komara masih diamankan oleh pihak polisi untuk diselidiki lebih lanjut. Ia dijerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan, serta Pasal 4 dan 5 tentang pencucian uang.

Bagi Anda yang menjadi korban penipuan Koperasi Langit Biru, diminta untuk segera melapor. Selain bisa dijadikan bukti, laporan korban juga akan bermanfaat untuk mengetahui jumlah pasti uang yang digelapkan tersangka. (YG)

Comment di sini