CiriCara: Cara Membedakan Daging Sapi dan Babi

by
July 27th, 2012 at 3:52 pm

CiriCara.com – Setiapkali Ramadan tiba, permintaan daging sapi di pasaran selalu meningkat dibanding hari biasanya. Hal ini tentu membuat para pedagang daging sapi kualahan dalam menyediakan stok.

Demi meraup keuntungan yang banyak, ada beberapa pedagang nakal yang melakukan kecurangan. Mereka tak segan menjual daging oplosan (sapi campur babi) demi mendapatkan untung. Agar tidak tertipu oleh pedagang nakal tersebut, Anda harus tahu cara membedakannya.

Berikut cara membedakan daging sapi dan babi dari Dr. Ir. Joko Hermanianto seperti dikutip Sehatnews:

1. Membedakan melalui warna

Daging babi memilik warna yang lebih pucat dibanding daging sapi. Warna daging babi mendekati warna daging ayam. Sayangnya perbedaan warna ini sering dikamuflase dengan dilumuri darah sapi. Kamuflase ini bisa dihilangkan dengan cara merendam daging dalam air. Tapi, ada beberapa bagian dari daging sapi yang warnanya sangat mirip dengan daging sapi. Anda harus jeli membedakannya.

2. Melihat serat daging

Daging sapi dan babi mempunyai perbedaan serat yang jelas. Daging sapi mempunyai serat yang tampak padat dan garis-garis serat terlihat jelas. Sedangkan daging babi, seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini akan terlihat jelas jika kedua daging direnggangkan bersama.

3. Kelenturan lemak

Daging sapi dan daging babi mempunyai perbedaan pada kelenturan (elastis) lemak. Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Lemak daging babi juga sangat basah dan susah dilepas dari dagingnya. Sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat. Namun pada bagian ginjal, lemak babi dan sapi justru terlihat mirip. Anda harus jeli dalam mengeceknya.

4. Tekstur daging

Daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat. Sementara tekstur daging babi lebih lembek dan mudah diregangkan. Cara mengeceknya cukup dengan memegang daging yang akan dibeli. Patokannya adalah, daging babi sangat kenyal dan mudah dibenyekkan. Daging sapi terasa solid dan keras serta cukup sulit untuk diregangkan.

5. Aroma daging

Aroma daging babi dan sapi mempunya perbedaan yang khas. Daging sapi memiliki aroma anyir seperti yang sudah diketahui, sedangkan daging babi punya bau khas tersendiri. Dari segi aromalah yang sebenarnya paling ampuh untuk membedakan antara dua daging ini. Sayangnya kemampuan membedakan aroma ini membutuhkan latihan dan pengalaman yang cukup.

Cobalah untuk lebih teliti saat membeli daging sapi. Jangan biarkan Anda dan keluarga mengkonsumsi daging babi yang dioplos dengan daging sapi. Untuk lebih aman, belilah di tempat yang memang sudah terjamin kejujurannya. (YG)

Comment di sini