Jepang Taklukan Spanyol 1-0 di Olimpiade 2012

by
July 27th, 2012 at 9:54 am

REUTERS/David Moir

Skotlandia (CiriCara.com) – Timnas sepakbola Jepang berhasil membuat kejutan di babak penyisihan Grup D cabang sepakbola di pergelaran Olimpiade London 2012. Jepang yang berhadapan dengan tim favorit, Spanyol berhasil menang dengan skor 1-0.

Pertandingan perdana Olimpiade 2012 itu berlangsung di Stadion Hampden Park, Skotlandia, Kamis (26/7/2012) malam WIB. Gol tunggal Jepang dicetak oleh pemain bernomor punggung 7, Yuki Otsu.

Sejak awal pertandingan Jepang mampu memberikan tekanan kepada timnas Spanyol. Jepang pun unggul di menit ke-34 lewat gol Yuki Otsu. Gol semata wayang Jepang ini berawal dari tendangan sudut Ogihara, yang kemudian dilanjutkan Yuki Otsu dengan tendangan mendatar ke dalam gawang Spanyol yang dijaga kiper klub Manchester United, David De Gea.

Spanyol semakin terpuruk setelah pemain belakangnya, Inigo Matinez diganjar kartu merah di menit ke-42 babak pertama. Alhasil, Juan Mata yang berperan sebagai gelandang Spanyol terpaksa harus turun kepertehanan ketika Jepang melakukan penyerangan.

Namun begitu, Spanyol masih mampu menciptakan beberapa peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang, kiper Jepang Shuichi Gonda mampu menepis semua tendangan penyerang Spanyol.

Di babak kedua, Jepang masih bersemangat dan mampu membuat barisan pertahanan yang solid. Alhasil, beberapa serangan yang dibangun Spanyol pun kandas di barisan belakang Jepang.

Pada lima menit terakhir, Jepang justru tampil lebih dominan dibanding Spanyol. Mereka beberapa kali melakukan serangan balik yang berbahaya untuk Spanyol. Beruntung, David De Gea berhasil mengagalkan serangan Jepang itu.

Hingga laga usai, kedudukan 1-0 untuk kemenangan Jepang tidak berubah. Jepang berhasil berada dipuncak klasemen dengan 3 poin, setelah pertandingan babak penyisihan Grup D antara Honduras dan Maroko berakhir imbang 2-2. Sementara Spanyol terpuruk di posisi keempat dengan 0 poin.

Berikut susunan pemain Jepang vs Spanyol, Olimpiade London 2012:

Jepang: Gonda, Tokunaga, Ohgihara (Yamamura 86′), H Sakai (Gotoku Sakai 74′), Yoshida, Yuki Otsu (Saito 46′), Higashi, Nagai, Suzuki, Yamaguchi, Kiyotake

Spanyol: David De Gea, Montoya, Dominguez, Inigo Martinez (kartu merah), Jordi Alba, Javi Martinez, Koke (Tello 81′), Isco (Romeu 63′), Juan Mata, Rodrigo, Adrian (Herrera 56′)

(YG)

Comment di sini